Kadiknas: siswa jangan percaya kunci jawaban UN

id Kadiknas, widodo imbau siswa jangan percaya kunci un

Kadiknas: siswa jangan percaya kunci jawaban UN

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sumatera Selatan Widodo mengimbau para siswa peserta Ujian Nasional agar jangan percaya dengan kunci jawaban yang diisukan marak beredar saat ini.

"Dalam satu ruang ujian saja ada 20 macam soal mana mungkin satu kunci bisa mewakili semuanya," kata Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Kadiknas) Sumsel, Widodo saat ditemui usai melepas keberangkatan paket soal Ujian Nasional (UN) menuju 17 kabupaten/kota di provinsi tersebut di Palembang, Jumat.

Menurut dia, imbauan tersebut disampaikan karena sangat prihatin apabila ada siswa sampai mempercayakan hasil ujiannya dari kunci jawaban yang diterima.

"Seringkali siswa ini ingin cepat-cepat dan langsung tidak percaya diri dengan usaha sendiri, sehingga mencari cara lain dengan membeli kunci jawaban dari pihak yang tidak bertanggungjawab," katanya.

Ia menjelaskan, tahun ini soal ujian dibuat sedemikian rupa dan jenisnya pun dibedakan di tiap regional penyelenggara Ujian Nasional.

"Jangan percaya dengan tawaran kunci jawaban, dan kerjakan saja soal dengan percaya diri," tegas dia.

Ujian Nasional yang akan serentak dilaksanakan pada Senin 14 April mendatang, akan diikuti ribuan siswa SMA/MA/SMK se-Sumsel.

Sementara, distribusi soal ke 17 kabupaten dan kota di Sumsel sendiri dimulai pada Jumat pagi dan dipastikan sampai pada hari yang sama ke masing-masing tujuan.

Untuk pendistribusian kali ini, Diknas setempat membagi enam jalur rute yang membawa soal ke kabupaten dan kota.

Enam jalur rute tersebut pertama dengan tujuan Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir (OKI), Jalur kedua menuju Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, dan OKU Timur, Jalur ketiga menuju Muara Enim, Lahat, dan Pagaralam, jalur keempat menuju Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) dan Lahat.

Selanjutnya, jalur kelima menuju Banyuasin, Musi Banyuasin, dan Empat Lawang,dan jalur keenam menuju Lubuklinggau, Musi Rawas, dan Musi Rawas Utara, serta Kota Palembang akan menerima soal pada Sabtu (12/4).
(Feny)