Pemprov berupaya kurangi jumlah penduduk miskin

id ishak mekki, wakil gubernur sumsel

Pemprov berupaya kurangi jumlah penduduk miskin

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya mengurangi masyarakat miskin di daerah itu melalui pembukaan lapangan kerja dengan mengundang investor.

Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki saat berbicara dalam forum satuan kerja perangkat daerah di Palembang, Kamis, mengatakan mengurangi tingkat kemiskinan itu supaya masyarakat di daerah ini semakin sejahtera.

Namun, untuk mengurangi tingkat kemiskinan tersebut diperlukan lapangan kerja dan untuk menciptakan itu dibutuhkan investor.

Hal ini karena pembukaan lapangan kerja baru memerlukan dana cukup besar sehingga harus menggandeng pihak ketiga.

Namun, ujar dia, diharapkan pemerintah kabupaten dan kota untuk mendata karateristik kemiskinan di daerahnya masing-masing.

Dengan diketahui keberadaan daerahnya maka program kerja dapat dilaksanakan bersama Pemerintah Provinsi Sumsel.

Memang, lanjut dia, program yang dilaksanakan untuk mengurangi tingkat kemiskinan tersebut sudah ada seperti di antaranya subsidi, program keluarga harapan dan pemberdayaan usaha kecil dan menengah.

Namun, itu perlu ditingkatkan lagi sehingga kesejahteraan rakyat semakin meningkat, ujarnya.

Selain itu, kabupaten dan kota diharapkan dapat menangkap peluang kunjungan wisatawan ke daerah ini, kata dia.

Hal ini karena pertumbuhan hotel di Palembang khususnya cukup bagus sehingga kunjungan wisatawan itu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya terutama untuk pertumbuhan ekonomi.