Warga Palembang bantu jaga TPS pemilu

id pemilu, tps, jaga tps, bantu, warga bantu jaga tps, pemilu legislatif

Warga Palembang bantu jaga TPS pemilu

Ilustrasi - Petugas memasang segel logistik pemilu. (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

...TPS yang siap digunakan untuk pemungutan suara perlu dijaga bersama-sama untuk mencegah terjadinya hal-hal yang mengganggu jalannya penyelenggaraan pesta demokrasi itu...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Warga Kota Palembang, Sumatera Selatan, membantu petugas dengan turut menjaga tempat pemungutan suara untuk Pemilu Legislatif, 9 April 2014.

Pantauan di sejumlah TPS di kawasan pemukiman warga di Jalan Rimba Kemuning, Kecamatan Kemuning, dan Perumnas Talang Kelapa, Kecamatan Alang Alang Lebar, Palembang, Rabu dini hari, tampak sejumlah warga bersama-sama dengan petugas keamanan, linmas, dan anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) menjaga logistik pemilu.

Salah seorang anggota KPPS di kawasan permukiman warga setempat, Citra W, mengatakan TPS yang siap digunakan untuk pemungutan suara perlu dijaga bersama-sama untuk mencegah terjadinya hal-hal yang mengganggu jalannya penyelenggaraan pesta demokrasi itu.

"Untuk menjaga TPS agar bisa digunakan sesuai rencana, kami dibantu warga sekitar yang peduli dengan kesuksesan pemilu," ujarnya.

Selain membantu tenaga, masyarakat di sekitar TPS juga ada yang membantu menyediakan aneka makanan dan minuman, berupa kopi dan teh untuk petugas keamanan, linmas, dan anggota KPPS.

"Dengan dukungan dari masyarakat itu, diharapkan seluruh logistik pemilu dalam kondisi aman dan TPS bisa digunakan untuk melakukan kegiatan pemungutan suara sesuai jadwal yang ditentukan mulai pukul 07.00 WIB, katanya.

Dia menjelaskan di wilayah pemukiman warga di Jalan Rimba Kemuning itu dan di wilayah Kelurahan Ario Kuning secara keseluruhan terdapat 24 TPS.

Tempat pemungutan suara pemilu tersebut disiapkan masyarakat secara bergotong-royong dengan memanfaatkan pekarangan rumah, tanah lapang, dan ruangan kelas atau halaman sekolah di sekitar pemukiman warga.

Pada kesempatan sebelumnya, Komisioner KPU Palembang Rudi Pangaribuan mengatakan dalam Pemilu Legislatif, 9 April 2014, terdapat lebih dari 1,1 juta jiwa yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT).

"Masyarakat yang memiliki hak suara tersebut diharapkan dapat menggunakan haknya dengan baik sehingga dapat memberikan kontribusi dalam menentukan wakil rakyat dan pemimpin yang berkualitas untuk lima tahun ke depan," ujar Rudi.