Kecamatan Peninjauan Juara Umum MTQ Tingkat Kabupaten OKU

id mtq, peninjauan juara umum mtq

Kecamatan Peninjauan Juara Umum MTQ Tingkat Kabupaten OKU

Wakil Bupati OKU H Kuryana Azis menyerahkan piala kepada juara umum MTQ tingkat Kabupaten OKU di Baturaja, Senin. (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

....MTQ tingkat Kabupaten OKU tahun 2014 diikuti 201 qori-qoriah dari 12 kecamatan itu, persiapan dalam menghadapi MTQ tingkat Provinsi Sumsel akan digelar di Musibanyasin, pada 9-16 Mei nanti....
Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kecamatan Peninjauan berhasil meraih juara umum Musabaqah Tilawatil Qur'an tingkat Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan XXVI yang diselenggarakan 1-7 April 2014.

Dewan Hakim MTQ Kabupaten OKU, H Darami di Baturaja, Senin mengatakan bahwa Kecamatan Peninjauan merupakan juara umum MTQ tingkat kabupaten berturut-turut.

Dikatakannya, juara umum tersebut setelah memperoleh nilai tertinggi yakni 107, juara kedua diraih Kecamatan Sinar Peninjauan dengan nilai 31 dan juara ketiga Baturaja Timur memperoleh nilai 31.

"Juara umum dari Kecamatan Peninjauan memperoleh hadiah tropi dan uang pembinaan sebesar Rp10 juta," kata Darami.

Kemudian, juara I Rp1.750.000, juara II Rp1.250.000 dan juara III mendapat uang pembinaan Rp1 juta dan masing-masing tropi.

Ia mengungkapkan, adapun pemenang lomba tersebut antara lain, golongan Tartil Qori (laki-laki-red) terbaik I adalah Rizki Septiawan dari Kecamatan Peninjauan dan Qoriah (perempuan-red) yakni Oktaviani dari Kecamatan Ulu Ogan.

Kemudian, golongan anak-anak terbaik I diraih qori atas nama M Hasan (Sinar Peninjauan), Qoriah Yunita Karlina (Peninjauan). "Katagori Remaja terbaik I diraih oleh Parasul Nagsus (Sinar Peninjauan dan Qoriah Ela Megawati (Peninjauan).

Selanjutnya, golongan dewasa terbaik I diraih Al Amin (Baturaja Timur) dan Qoriah Munayah (Peninjauan).

Sementara itu, untuk katagori Hifzil Qur'an golongan satu jus diraih  Tri Junardi (Peninjauan) dan Resita Olani (Baturaja Barat sebagai terbaik pertama.

"Untuk golongan 30 jus terbaik I adalah Sudrajat dan Mentari masing-masing dari Kecamatan Peninjauan," ujarnya.

Wakil Bupati OKU, H Kuryana Aziz dalam sambutannya menyatakan kegiatan MTQ tingkat Kabupaten OKU tahun 2014 yang diikuti 201 qori-qoriah dari 12 kecamatan itu, tidak saja sebagai persiapan dalam menghadapi MTQ tingkat Provinsi Sumsel akan digelar di Musibanyasin, pada 9-16 Mei nanti.

Namun, kata Wabup, yang lebih penting agar dijadikan bagian dari upaya sistematis Pemerintah Kabupaten OKU dalam melaksanakan misi mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

"Saya mewakili Pemerintah Kabupaten OKU sangat gembira karena pada MTQ tahun ini para peserta tetap dalam keadaan sehat dan semua antusias tampil untuk menjadi yang terbaik," katanya saat penutupan MTQ tingkat Kabupaten OKU ke XXVI di Gedung Islamic Center Baturaja.

Kuryana menambahkan, kedepannya semua pihak harus bertekad untuk berpartisipasi pada cabang-cabang MTQ dengan memberdayakan potensi SDM yang dimiliki masyarakat itu sendiri.

"Silahkan digagas upaya secara sistematis dan berkesinambungan untuk konsep pembelajarannya. Insya Allah Pemerintah Kabupaten OKU siap memfasilitasinya," ujar Wabup. (ADV/E Permana)