OKU target tiga besar Porprov Sumsel

id porprov, oku target tiga besar porprov sumsel

OKU target tiga besar Porprov Sumsel

Ketua Umum Pengurus Kabupaten KONI OKU Yoen Hasrul (kiri) menerima ucapan selamat dari Wakil Bupati OKU Kuryana Aziz (kanan) seusai pelantikan Pengurus Kabupaten KONI OKU di Baturaja, Kamis (3/4). (Foto Antarasumsel.com/14/Doly Rosana)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu menargetkan posisi tiga besar pada Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan di Lubuklinggau, Oktober 2014, kata Ketua Umum Pengurus Kabupaten KONI OKU Yoen Hasrul.

"OKU tertantang merebut tiga besar karena pada ajang sebelumnya berakhir pada urutan ke-7 dari 15 kabupaten/kota se-Sumsel," ujar Yoen yang dihubungi dari Palembang, Senin.

Ia mengemukakan, untuk itu pihaknya akan bekerja sama dengan pemerintah kabupaten dalam menyiapkan atlet yang akan diturunkan pada ajang paling bergengsi tingkat daerah itu.

"Pembicaraan sudah dilakukan dengan pejabat Pemkab mengenai rencana menggelar pemusatan latihan yakni setidaknya tiga bulan sebelum Porprov. Sejauh ini respon sangat positif terkait dengan kesediaan dana," katanya.

Ia menambahkan, sejumlah cabang olahraga bakal menjadi andalan, seperti pencak silat, tenis meja, sepak bola, bola voli, dan karate.

"Tentunya ada cabang olahraga yang akan dijadikan lumbung medali, sejauh ini sedang dipelajari oleh Tim Bidan Pembinaan Prestasi KONI OKU untuk mewujudkan cita-cita masuk tiga besar," ujarnya.

Sementara, KONI Kota Palembang Suparman Romans mengatakan, pihaknya menargetkan juara umum Porprov berbekalkan atlet-atlet muda berbakat.

"Target jangka pendek utama pengurus baru KONI Kota Palembang yakni menjadi juara Porprov, sementara untuk jangka panjang tentunya pembinaan atlet berprestasi," katanya.

Suparman menambahkan dalam waktu dekat akan menggelar pemusatan latihan daerah terdiri atas atlet-atlet berprestasi berbagai tangkai olahraga unggulan, seperti anggar, pencak silat, atletik, bola voli, karate, bola basket, dan taekwondo.

"Akan diadakan kompetisi secara berjenjang untuk memantapkan kesiapan mental dan teknik dan taktik para atlet. Setidaknya dua kali sebelum pelaksanaan," ujarnya.

Porprov Sumsel mempertandingkan 26 cabang olahraga yakni atletik, biliar, bola basket, bola voli indoor, bola voli pantai, bridge, bulu tangkis, catur, karate, panjat tebing, pencak silat, renang.

Kemudian, senam, sepak bola, taekwondo, tenis lapangan, tenis meja, tinju, dayung, anggar, menembak, sepak takraw, balap sepeda, triathlon, wushu, panahan, dan kempo.

Selain Kota Palembang, Kabupaten Musi Banyuasin dan tuan rumah Lubuklinggau juga menargetkan gelar juara umum ajang dua tahunan itu.