Warga Palembang gotong royong siapkan TPS pemilu

id pemilu, tps, siapkan tps, gotong royong

Warga Palembang gotong royong siapkan TPS pemilu

Ilustrasi - TPS Pemilu. (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

...Tempat pemungutan suara pemilu tersebut disiapkan masyarakat dengan memanfaatkan perkarangan rumah, tanah lapang, serta ruangan kelas atau halaman sekolah...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Warga Kota Palembang, Sumatera Selatan, mulai menyiapkan tempat pemungutan suara Pemilu Legislatif 9 April 2014 dengan cara bergotong royong.

Pantauan di sejumlah kawasan permukiman penduduk di kawasan Jalan Rimba Kemuning, Kecamatan Kemuning, dan Perumnas Talang Kelapa, Kecamatan Alang Alang Lebar, Palembang, Senin, tampak penduduk setempat bergotong royong menyiapkan tenda, tempat bilik suara, kotak suara, dan meja petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Salah seorang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di kawasan permukiman penduduk Rimba Kemuning Citra W mengatakan sudah menjadi tradisi masyarakat setempat bergotong royong atau bersama-sama menyiapkan tempat pemungutan suara (TPS).

Wilayah Rimba Kemuning atau Kelurahan Ario Kuning ini secara keseluruhan terdapat 24 TPS.

Tempat pemungutan suara pemilu tersebut disiapkan masyarakat dengan memanfaatkan perkarangan rumah, tanah lapang, serta ruangan kelas atau halaman sekolah yang ada di sekitar permukiman penduduk setempat, katanya.

Dia menjelaskan, untuk menyelenggarakan pemungutan suara pada 9 April 2014, pihaknya secara bertahap pada Minggu (6/4) mulai mengirimkan undangan untuk mencoblos di TPS atau formulir C6 kepada masyarakat yang tercatat sebagai pemilih.

Jumlah masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya di masing-masing TPS bervariasi, berkisar 300 hingga 450 orang, ujar Citra.

Sementara, menurut Budi, salah seorang warga Perumnas Talang Kelapa mengatakan untuk mendukung penyelenggaraan pemilu dia mengizinkan KPPS membuat TPS di halaman kosong depan rumahnya dan membantu bersama-sama warga setempat memasang tenda serta menyiapkan berbagai perlengkapan pendukung untuk kegiatan pemungutan suara.

Kegiatan menyiapkan TPS secara bergotong royong itu merupakan wujud kepedulian dan partisipasi masyarakat menyukseskan pemilu guna memilih wakil rakyat yang benar-benar memperhatikan kesejahteraan rakyat.

Untuk menjaga kondisi keamanan lingkungan dan TPS yang sudah disiapkan dengan bergotong royog itu, warganya membentuk tim jaga malam, ujar Budi.

Sementara Komisioner KPU Palembang Rudi Pangaribuan mengatakan persiapan pemungutan suara pemilu seperti pembagian undangan atau formulir C6 serta pembangunan TPS sudah berlangsung dua hari terakhir dan diharapkan dapat selesai satu hari sebelum pelaksanaan.

Formulir C6 itu akan didistribusikan kepada 1.119.112 orang yang tercatat sebagai pemilih dalam Pemilu Legislatif 2014.

Masyarakat Kota Palembang yang memiliki hak suara dalam pemilu tahun ini diharapkan dapat menggunakan haknya dengan baik sehingga dapat memberikan kontribusi dalam menentukan wakil rakyat dan pemimpin yang berkualitas untuk lima tahun ke depan, ujar Rudi.