Polda minta orangtua awasi pergaulan anak

id polda, kabid humas polda sumsel

Polda minta orangtua awasi pergaulan anak

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol R Djarod (Antarasumsel.com/14/Fenny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan minta kepada orang tua untuk mengawasi pergaulan anak karena kriminalitas terhadap remaja sekarang terus mengintai.

Bahkan, sekarang ini kasus kejahatan terhadap anak terus meningkat sehingga harus selalu waspada, kata Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol R Djarod Padakova dalam keterangannya kepada wartawan di Palembang, Senin.

Mari semua pihak mewaspadai pergaulan anak terutama di luar rumah, karena berdasarkan laporan yang masuk ke Polda dan jajaran Polres se-Sumsel tindak pidana terhadap anak mengalami peningkatan.

Berdasarkan data yang masuk, menurut dia, pada 2012 terjadi 328 kasus dan 2013 ada 345 kejadian kejatahan terhadap anak.

Untuk 2012 kejadian tersebut antara lain perkosaan 133 kasus, melarikan wanita 67 kasus dan sisanya kejahatan lainnya.

Sementara pada 2013 laporan perkosaan terjadi 115, memang sedikit menurun tetapi melarikan wanita meningkat menjadi 169 sementara sisanya kejahatan terhadap anak lainnya.

Jadi berdasarkan data tindak kejahatan itu maka orang tua harus selalu waspada terhadap anaknya, kata dia.

Ini menjadi perhatian bersama sekaligus pengawasan harus diperketat agar dapat terhindar dari tindak kejahatan terhadap anak tersebut.

Menurut dia, memang banyak cara pelaku dalam melakukan kejahatan tersebut seperti diantaranya ada memberikan minuman yang telah diberi sesuatu sehingga mengakibatkan anak tidak sadarkan diri.

Selain itu, ada juga diajak ketempat sepi dan jalan pintas yang dilokasi tersebut telah menunggu teman pelaku, ujarnya.

Memang, kata Kabid Humas, anak rentan terhadap aksi kejahatan sehingga mereka bukan saja harus diawasi tetapi juga perlu diberikan pengetahuan sehingga mengerti dalam pergaulan.

Sehubungan itu, pihaknya berharap semua pihak selalu waspada, bila ada yang mencurigakan segera lapor pada pihaknya dan jajarannya segera serta siap memberikan bantuan.