Anggota Linmas Palembang apel siaga Pemilu

id linmas, anggota linmas apel siaga pemilu

Anggota Linmas Palembang apel siaga Pemilu

Apel siaga linmas persiapan pengamanan Pemilu Legislatif, 9 April 2014 (Foto: antarasumsel.com/14/Nila Fuadi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ribuan anggota perlindungan masyarakat bersama aparat kepolisian dan satuan polisi pamongpraja Palembang, apel siaga menyatakan kesiapan mengamankan pemilu legislatif, 9 April 2014.

Wakil Wali Kota Palembang Harnojoyo, Sabtu mengatakan anggota perlindungan masyarakat (Linmas) menjadi garda terdepan dalam masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban sehingga pihaknya sangat mengharapkan partisipasi aktif mereka.

"Khusus menghadapi pemilu legislatif pihaknya telah melatih dan menyiapkan ribuan anggota satuan linmas yang akan menyebar ke tempat pemungutan suara (TPS)," katanya ketika menyampaikan sambutan dihadapan ribuan anggota linmas dan polisi.

Menurut dia, linmas memiliki peran strategis yaitu meminimalisir gangguan ketika pelaksanaan pencoblosan di TPS-TPS.

Setiap TPS ditempatkan dua orang anggota linmas dengan tugas membantu kelancaran pelaksanaan pemilu legislatif khususnya pada saat pencoblosan.

Ia mengatakan, satuan kerja perangkat daerah terkait telah membekali anggota linmas dalam upaya menyukseskan pelaksanaan pemilu legislatif.

Selanjutnya, setelah menyelesaikan tugas pemilu, anggota linmas akan dilatih untuk menguasai kemampuan dalam tanggap bencana sehingga bisa berperan aktif dalam membantu masyarakat yang terkena bencana.

Sementara apel siaga linmas tersebut diikuti sekitar 1.000 personel dari 6.788 orang yang siap berpartisipasi aktif pada hari pencoblosan.

Anggota linmas yang mengikuti apel siaga tersebut mayoritas personel berusia lanjut dan terdapat sejumlah wanita.

Kepala Satuan Polisi Pamongpraja dan Linmas Kota Palembang Kompol Tatang Duka Reja mengatakan sebanyak 6.788 anggota linmas itu disebar ke 3.394 TPS pada 16 kecamatan dan 107 kelurahan di daerah tersebut.

"Kami telah menyosialisasikan peranan linmas dalam mendukung suksesnya pelaksanaan pemilu legislatif," katanya.

Dia menambahkan, ribuan personel linmas tersebut tentunya berperan aktif dalam menyukseskan pelaksanaan pemilu legislatif nanti.

Setiap TPS disiagakan dua personel linmas dengan tugas utama menjaga keamanan dan ketertiban pelaksanaan pencoblosan.

Ia mengaku, optimistis pelaksanaan tahapan pemilu legislatif berjalan aman, demokratis dan sukses.

"Tolak ukurnya, saat ini kondisi Kota Palembang kondusif tidak ada gangguan yang berarti dalam masyarakat," ujarnya.