Gubernur tinjau pelayanan berobat gratis di rumah sakit Palembang

id alex noerdin, gubernur sumsel

Gubernur tinjau pelayanan berobat gratis di rumah sakit Palembang

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin meninjau pelayanan berobat gratis di rumah sakit di Palembang, Jumat.

Rumah sakit yang ditinjau gubernur itu yakni RS Siti Khadijah dan RS dokter Muhammad Hoesin Palembang.

Program berobat gratis terus berlanjut karena itu sangat dibutuhkan masyarakat kurang mampu, kata Gubernur Alex Noerdin saat dialog dengan pasien dalam kunjungan tersebut.

Jadi masyarakat tidak perlu khawatir walaupun adanya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang telah diluncurkan per 1 Januari 2014.

Program berobat gratis sebagai bentuk kepedulian pihaknya terhadap masyarakat yang ada di daerah ini, sehingga pelayanannya harus lebih baik dan lancar.

Namun, Gubernur Alex Noerdin berharap masyarakat harus selalu menjaga kesehatan karena itu yang utama.

Jangan sampai sakitnya sudah lama baru berobat dan itu harus dihindari.

Ketika ditanya hambatan dalam pelayanan berobat gratis, Gubernur Alex Noerdin mengatakan, saat ini tidak ada bahkan pelayanan mengalami peningkatan.

Namun, ujar dia, secara teknis terutama di RS dokter Muhammad Hoesin Palembang sering terjadi mati lampu dan itu juga bisa menghambat dalam pelayanan terutama operasi.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut pihaknya akan membicarakan dengan PT PLN agar mendapat jalan keluarnya.

M Yunus salah seorang pasien berobat gratis mengatakan, program tersebut cukup membantu karena pihaknya tidak mengeluarkan dana lagi sehingga diharapkan terus dilanjutkan..

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Sumsel dr Fenty Aprina mengatakan, peninjauan yang dilaksanakan itu karena masyarakat mengkhawatirkan program tersebut tidak berlanjut sehubungan adanya BPJS Kesehatan.

Untuk program berobat gratis tidak akan terganggu walaupun adanya BPJS Kesehatan.

Hal ini karena BPJS Kesehatan menanggung masyarakat diluar dari program berobat gratis.