Pencetakan KTP elektronik ditangani daerah

id ktp, pencetakan ktp elektronik diserahkan ke daerah

Pencetakan KTP elektronik ditangani daerah

KTP Elektronik (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik saat ini sudah ditangani oleh kabupaten dan kota, termasuk di Provinsi Sumatera Selatan.

Kepala Biro Pemerintahan Sumsel Edward Candra, di Palembang, Jumat, membenarkan bahwa pencetakan KTP Elektronik itu telah diserahkan ke daerah.

Kementerian Dalam Negeri beberapa waktu lalu telah menyerahkan kepada daerah untuk pembuatan kartu tanda penduduk elekktronik, katanya.

"Pencetakan KTP Elektronik diserahkan ke kabupaten dan kota supaya semakin cepat karena tidak lagi harus melalui Jakarta," kata Edward.

Menurut dia, untuk mendukung dalam penyerahan urusan pencetakan KTP elektronik, Kementerian Dalam Negeri telah mengirimkan peralatan yang diperlukan terutama alat cetaknya ke kabupaten dan kota.

Diharapkan dengan penanganan pembuatan KTP Elektronik di kabupaten dan kota, bila terjadi penggantian segera dapat dilaksanakan.

Selain itu, ujar Edward, pelayanan kepada warga akan semakin maksimal karena tidak lagi menunggu dari pemerintah pusat.

Namun menurut dia, pembiayaan pembuatan KTP Elektronik itu masih dengan dana dari APBN dan daerah hanya melaksanakannya.

Anggarannya direncanakan melalui APBN perubahan, sehingga pada akhir tahun 2014 ditargetkan dapat terealisasi, katanya.