Bawaslu minta PLN Sumsel tak padamkan listrik selama Pemilu

id bawaslu, minta pln tak padamkan listrik selama pemilu

Bawaslu minta PLN Sumsel tak padamkan listrik selama Pemilu

Ketua Bawaslu Sumsel Andika Pranata Jaya (Foto Antarasumsel.com/14/Susilawati/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Bawaslu Sumatera Selatan meminta PT PLN Wilayah Sumsel Jambi dan Bengkulu tidak memadamkan listrik selama proses pemilihan legislatif terutama pada pencoblosan sampai dengan rekapitulasi suara, 9-15 April 2014.

"Kami telah mengirimkan surat meminta PLN tidak memadamkan listrik selama proses pencoblosan sampai dengan penyelesaian penghitungan suara pemilu legislatif," kata Ketua Bawaslu Sumsel Andika Pranata Jaya, ketika menjadi pembicara pada workshop liputan pemilu Dewan Pers, di Palembang, Selasa.

Ia menjelaskan, listrik sangat dibutuhkan untuk mendukung suksesnya pelaksanaan pemilu legislatif baik pada pencoblosan maupun penghitungan suara.

Kondisi pasokan listrik saat ini, cenderung tidak stabil membuat pihaknya mesti mengingatkan PLN agar selama pelaksanaan pemilu tidak ada pemadaman bergilir karena dipastikan akan sangat menganggu aktivitas pencoblosan maupun rekapitulasi perolehan suara.

Menurut dia, upaya menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi tersebut harus dilakukan secara optimal dari berbagai aspek termasuk tercukupinya energi listrik yang tidak hanya digunakan untuk penerangan tetapi juga pengeras suara.

Selain itu, pihaknya juga mengharapkan keterlibatan aktif warga di Sumatera Selatan untuk datang ke TPS bukan hanya mencoblos tetapi juga memantau pelaksanaan pemilihan umum sehingga bisa berjalan sukses tanpa terjadi kecurangan.

Sementara Manager PT PLN Palembang Syarbani Sofyan mengatakan berkomitmen untuk mengamankan pasokan listrik selama pencoblosan sampai dengan penghitungan suara selesai.

"Bahkan sejak memasuki tahapan kampanye, tidak adalagi pemadaman terencana akibat pemeliharaan pembangkit listrik," katanya.

Namun, dia menambahkan pihaknya tidak bisa menjamin 100 persen listrik menyala karena banyak faktor yang menyebabkan pemadaman, seperti angin kencang atau kerusakan gardu listrik.

Kondisi tersebut, tentunya tidak bisa diprediksi tetapi petugas PLN akan bekerja keras untuk segera memperbaiki kerusakan akibat angin kencang atau masalah lain, tambahnya.