Peran swasta diharapkan dalam peremajaan karet

id karet, peremajaan karet

Peran swasta diharapkan dalam peremajaan karet

Bibit karet untuk peremajaan areal perkebunan yang tanamannya tidak lagi produktif (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Peran serta swasta dan swadaya masyarakat sangat diharapkan dalam peremajaan karet di Sumatera Selatan karena anggaran dari pemerintah masih minim.

Kepala Dinas Perkebunan Pemerintah Provinsi Sumsel Fahrorrozi kepada wartawan di Palembang, Selasa mengatakan, peremajaan karet setiap tahun memang ada tetapi belum begitu luas.

Untuk 2014 hanya diremajakan sekitar 2.500 hektare padahal karet yang sudah tua masih luas. Seharusnya setiap tahun perlu diremajakan 40.000 batang karet bila melihat kondisi sekarang ini.

Oleh karena itu pihaknya minta pihak swasta serta swadaya masyarakat untuk membantu meremajakan perkebunan karet di daerah ini.

Apalagi luas perkebunan mayoritas dimilik masyarakat sehingga peremajaan dari swasta dan swadaya diperlukan.

Ia mengatakan, anggaran peremajaan karet tersebut dari pemerintah provinsi Sumsel. Selain juga diperlukan anggaran dari kabupaten dan kota termasuk pemerintah pusat dalam peremajaan karet tersebut.

Pentingnya peremajaan tersebut karena karet yang sudah tua akan mempengaruhi produksi padahal komoditas tersebut merupakan andalan Sumsel.

Berdasarkan data luas perkebunan karet di daerah ini sekitar 1,2 juta hektare dengan produksi rata-rata 1,1 juta ton pertahun. Dari luas areal perkebunan karet tersebut 90 persen dimiliki rakyat dan selebihnya swasta.