Enam pesenam Sumsel seleksi timnas SEAG

id senam, atlet senam sumsel dipersiapkan ke sea games

Enam pesenam Sumsel seleksi timnas SEAG

Atlet senam Iim Umaroh (Foto Antarasumsel.com/13/Doly Rosana)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Enam orang pesenam Sumatera Selatan mengikuti seleksi Tim Nasional SEA Games 2015 di Jakarta, kata Pelatih Senam Sumsel Faizal Riza.

"Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia memanggil belasan atlet untuk mengikuti seleksi nasional di Jakarta pada 28-30 Maret 2014, dan atlet Sumsel sendiri yang dipanggil berjumlah lima orang, dan satu orang lagi merupakan pengajuan dari daerah sebagai tambahan," kata Faizal di Palembang, Minggu.

Ia menyebutkan, ke-6 pesenam itu, M Ribta Quaselitus, M Abu Daud, Iim Imaroh, Dewi Mustika, Rindu Tiara, dan Fajar Abdul Rahman.

Para atlet ini dipanggil karena berprestasi pada ajang Kejuaraan Nasional dan Pekan Olahraga Nasional XVIII di Riau tahun 2012.

"Pengurus Persani Sumsel menilai satu orang atlet yakni Fajar Abdul Rahman memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi nasional karena meraih medali PON, sehingga daerah memberanikan diri untuk menambah," katanya.

Ia menerangkan, Fajar memenuji syarat karena meraih satu perunggu kelompok beregu pada PON Riau, dan satu perunggu nomor kuda-kuda pelana pada Kejurnas Senior tahun 2014 di Gresik.

"Harapannya, setidaknya terdapat satu orang atlet yang mampu menembus tim inti. Peluang cukup terbuka meskipun persaingan terbilang ketat karena diikuti 12 provinsi," ujarnya.

Senam sendiri merupakan salah satu cabang olahraga andalan Sumsel karena senantiasa menyumbangkan medali pada perhelatan PON.

Pada PON Riau tahun 2012, Sumsel meraih satu medali perak dari nomor senam artistik putri dan satu perunggu pada nomor senam artistik putra.

Sementara itu, pada SEA Games 2011 di Indonesia, seorang atlet Sumsel yakni Iim Imaroh mampu menyumbangkan satu medali emas nomor beregu.