Pemkot Palembang pertahankan puluhan pasar tradisional

id pemkot, pemkot palembang pertahankan pasar tradisional

Pemkot Palembang pertahankan puluhan pasar tradisional

Pemerintah Kota Palembang (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemkot Palembang, Sumatera Selatan berkomitmen tetap mempertahankan 33 unit pasar tradisional yang beroperasi di kota tersebut meskipun harus bersaing dengan pasar modern.

"Upaya mempertahankan pasar tradisional tersebut di antaranya dengan memperbaiki fasilitas dan meningkatkan sarana pendukung pusat perbelanjaan tradisional itu," kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Palembang Hardayani, Kamis.

Menurut dia, puluhan pasar tradisional tersebut tersebar di 16 kecamatan di daerah itu.

Ia mengatakan bahwa secara bertahap pemkot bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan pusat serta pihak ketiga memperbaiki atau membenahi pasar.

Ia mengatakan pasar tradisional berfungsi sebagai pusat pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Pempek.

"Sampai saat ini transaksi masyarakat di pasar-pasar tradisional masih sangat tinggi meskipun marak beroperasi pasar modern," katanya.

Dia menjelaskan eksistensi pasar tradisional sampai kini tetap dipertahankan dengan pembenahan bangunan pasar dan melengkapi fasilitas pendukung.

Ketertiban, kebersihan dan kualitas bangunan pasar juga terus ditingkatkan agar terciptanya tempat bertemu pembeli dan penjual tersebut bisa lebih aman dan nyaman.

Hardayani menambahkan atas komitmen pemkot mempertahankan eksistensi pasar tradisional tersebut kini mendapat banyak perhatian.

Kementerian Perdagangan RI tahun ini mengalokasikan dana untuk pembangunan Pasar 10 Ulu dan Pasar Yada dengan total masing-masing Rp10 miliar dan Rp2 miliar untuk pembangunan fisik.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Palembang Sadruddin Hadjar menambahkan sedikitnya 100 orang pedagang pada puluhan pasar tradisional mengikuti seminar menyosialisasikan rencana aksi pemkot terkait dengan pembenahan pasar.

Revitalisasi pasar menjadi salah satu upaya untuk mendorong eksisten pasar di tengah beroperasinya pusat perbelanjaan modern, katanya.