Pemkot siapkan kebun penangkaran bunga

id romi, wali kota palembang

Pemkot siapkan kebun penangkaran bunga

Wali Kota Palembang Romi Herton (Foto Antarasumsel.com/14/Nila Fuadi/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang menyiapkan lahan seluas 10 hektare untuk kebun penangkaran bunga dan buah yang akan menjadi pusat pengembangbiakan beragam tanaman di kawasan Gandus.

"Penangkaran bunga dan buah sangat penting guna memudahkan pemkot mendapatkan dua jenis tanaman tersebut yang selama ini didatangkan dari sejumlah kota," kata Wali Kota Palembang Romi Herton, Kamis.

Menurut dia, penangkaran bunga dan buah dibutuhkan untuk memudahkan pemkot mendapatkan beragam jenis tanaman.

Selama ini, kebutuhan tanaman sangat bergantung pasokan dari luar kota pempek padahal tambal sulam bunga pada sejumlah taman dan jalan protokol dilakukan secara rutin.

Karena itu, ia mengatakan dengan disiapkannya kebun penangkaran bunga dan buah kelak Kota Palembang tidak lagi membutuhkan pasokan tanaman dari daerah lain.

Kebun bunga tersebut juga akan menjadi objek wisata yang dipastikan menarik wisatawan berkunjung.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Palembang Harrey Hariadi menjelaskan untuk merealisasikan kebun bunga dan buah tersebut pihaknya telah belajar ke tanam buah Mekar Sari dan taman bunga Puncak Cianjur.

"Secepatnya, pusat penangkaran tanaman tersebut akan segera direalisasikan di atas lahan seluas 10 hektare," ujarnya.

Dia menambahkan, taman bunga dan kebun buah tersebut berlokasi di kawasan Gandus tidak jauh dari aliran Sungai Musi.

Konsep kebun wisata tersebut kini sedang dipersiapkan sehingga bukan hanya menjadi pusat pengembangan tanaman tetapi juga terintegrasi dengan program kota wisata air.