Panwaslu Lubuklinggau akan bersihkan atribut kampanye

id kampanya, atribut kampanye

Panwaslu Lubuklinggau akan bersihkan atribut kampanye

Tim gabungan tertibkan atribut kampanye (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)





Lubuklinggau, 25/3 (Antara) - Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan mempersiapkan personel Satuan Polisi Pamong Praja untuk membesihkan seluruh atribut peraga kampanye sambil menunggu instruksi dari pusat.

"Kita di daerah menunggu instruksi Panitia Pengawas Pamilihan Umum pusat untuk membersihkan alat peraga kampanye, karena akan dilakukan serentak secara nasional," kata Ketua Panwaslu Kota Lubuklinggau Melli Zukri, Selasa.

Sambil meninggu instruksi dari pusat, Panwaslu Lubuklinggau meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat setempat agar mereka menggunakan hak pilihnya mencapai target 90 persen.

Sosialisasi tidak hanya dilakukan Panwslu, tapi pemerintah daerah setempat juga terus mengimbau warganya untuk tetap menyalurkan haknya pada Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2014, sehingga bisa menekan jumlah golongan putih (Golpot) di daerah itu.

Mengenai masih menjamurnya atribut kampanye di bebagai lokasi terlarang, memang diakuinya hingga saat ini alat peraga Pemilu masih menggangu pemandangan umum, padahal kepdulian Parpol untuk mengimbau kadernya sudah berjalan sebelum kampanye dimulai.

Untuk mengatasi maraknya alat peraga kampanye tersebut, Panwaslu Lubuklinggau kembali memberikan rekomendasi kepada Satpol PP untuk melakukan penertiban, terutama pada lokasi terlarang.

Sedangkan lokasi yang sudah dizinkan KPU pembersihannya menunggu instruksi Panwaslu pusat, karena program tersebut dilakukan secara nasional, ujarnya.

Humas Pemda Kota Lubuklinggau Nurussulhi Nawawi mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya agar pemilih di wilayah itu mencapai sasaran 90 persen dan mengurangi jumlah golput yang setiap Pilkada dan Pemilu cukup tinggi.

Sedangkan logistik dari KPU sudah disalurkan pada penyimpanan di gudang setiap kecamatan yang diawasi oleh petugas kepolisian, Satpol PP dan jajaran keamanan lainnya.