Dishubkominfo Muba aktifkan dua dermaga terbengkalai

id muba, pemkab muba, aktifkan dermaga, terbengkalai, wisata air, dukung

Dishubkominfo Muba aktifkan dua dermaga terbengkalai

Petugas Dishubkominfo Muba memeriksa kondisi dermaga yang akan diaktifkan kembali. (Foto Antarasumsel.com/14/Edy Parmansyah)

...Dua dermaga yang segera diaktifkan kembali itu yakni dermaga Teluk Kemang di Kecamatan Sungai Lilin dan dermaga di Kecamatan Bayung Lencir...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, berupaya mengaktifkan kembali dua dermaga bongkar muat yang selama ini terbengkalai.

Dua dermaga yang segera diaktifkan kembali itu yakni dermaga Teluk Kemang di Kecamatan Sungai Lilin dan dermaga di Kecamatan Bayung Lencir, kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Musi Banyuasin Pathi Ridwan di Sekayu, Senin.

Dia menjelaskan, pengaktifan dua dermaga itu dilakukan untuk mendukung program "Sekayu Kota Wisata Air" dan mengembangkan sektor transportasi air di Bumi Serasan Sekate itu.

Untuk mengaktifkan dermaga tersebut, pihaknya akan memperlebar jalan menuju dermaga dan dua sisi dermaga diperluas agar truk bisa melakukan bongkar muat serta parkir kendaraan pribadi pengguna jasa angkutan air dan angkutan umum bisa lebih tertib.

Berbagai fasilitas yang dibutuhkan untuk mengaktifkan dermaga tersebut telah diusulkan kepada Bupati Muba Pahri Azhari, dan disetujui segera direalisasikan, katanya.

Sementara itu, Camat Sungai Lilin Iskandar mengatakan, pihaknya akan membantu melakukan berbagai persiapan pembangunan fasilitas untuk mengaktifkan dermaga yang ada di daerah ini.

Dengan diaktifkan dermaga tersebut, roda perekonomian masyarakat kecamatan ini akan bergerak cepat, mengingat pasar Sungai Lilin lokasinya berdekatan dengan dermaga.

"Sekarang ini setiap hari puluhan perahu jukung, ketek dan `speed boat` dari berbagai daerah bersandar di bawah jembatan, jika dermaga bisa diaktifkan dapat lebih tertib dan masyarakat pengguna transportasi air bisa lebih nyaman," ujarnya.

Sedangkan menurut Camat Bayung Lencir, Demoon Herdian, masyarakat di daerahnya sudah cukup lama mendambakan dermaga diaktifkan kembali, mengingat selama ini banyak transportasi air beroperasi dan bersandar melalui tempat yang kurang nyaman.

"Dermaga memang sudah lama tidak berfungsi, jika memang akan diaktifkan tentu sangat baik dan kita akan dukung melakukan berbagai persiapan," ujar Demoon.