Jembatan Ampera masih aman dilalui

id ampera, jembatan ampera aman dilalui kendaraan

Jembatan Ampera masih aman dilalui

Jembatan Ampera (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Jembatan Ampera Palembang saat ini masih dalam kondisi aman untuk dilalui kendaraan, karena evaluasi dan perawatan rutin dilakukan.

Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu Jalan dan Jembatan Metropolis Kementerian Pekerjaan Umum Junaidi kepada wartawan usai menghadap Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Senin mengatakan, pihaknya rutin mengevaluasi keberadaan jembatan kebanggaan masyarakat Sumsel itu dan saat ini masih aman dilalui kendaraan.

"Kita selalu memantau dan bebannya juga masih aman sehingga tidak menjadi masalah untuk dilalui kendaraan," katanya.

Memang, kata dia, jembatan yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumsel tersebut selalu diawasi karena arus kendaraan cukup ramai melintas tiap hari termasuk beban.

Bahkan, setiap tahun telah dianggarkan dana perawatan supaya jembatan yang menghubungkan Palembang Ulu dan Hilir tersebut tidak menjadi kendala untuk dilalui.

Untuk 2014 ini telah dianggarkan dana perawatan sekitar Rp12 miliar, katanya.

Selain perawatan khusus jembatan tersebut juga dipercantik dengan melakukan pengecatan sehingga semakin menarik.

Namun, ujar dia, diharapkaan seluruh lapisan masyarakat menjaga keberadaan jembatan yang sebelumnya dapat naik turun tersebut supaya daya tahannya lebih lama.

Hal ini karena bila hanya perawatan saja tanpa didukung kesadaran pengendara maka kemungkinan cepat rusak.

Kepala Dinas PU Bina Marga Pemerintah Provinsi Sumsel Rizal Abdullah mengatakan, memang jalan nasional termasuk jembatan perawatannya tugas balai besar.

Pihaknya hanya bersifat membantu terutama mengenai usulan perawatan.