Sepinggan akan jadi bandara terbesar kawasan timur

id bandara sepinggan, bandara sepinggan terbesar kawasan timur indonesia, bandara

Sepinggan akan jadi bandara terbesar kawasan timur

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Samarinda (ANTARA Sumsel) -  Direktur Operasional PT Angkasa Pura I (Persero) Yushan Sayuti mengatakan, bandar udara (bandara) Sepinggan, Balikpapan akan menjadi yang terbesar di Kawasan Timur Indonesia (KTI)

"Selama ini Bandara Sepinggan melebihi kapasitas," katanya di Balikpapan, Senin.

Menurut dia terminal bandara berkapasitas 1,7 juta penumpang per tahun, pada 2013 melayani 6,4 juta penumpang.

Ia mengatakan, jumlah penumpang itu tumbuh 16 persen dibanding tahun 2012 yang berjumlah 5,6 juta penumpang. Teminal baru yang dioperasikan mulai Sabtu (22/3) memiliki daya tampung 10 juta penumpang per tahun.

Terminal baru Bandara Sepinggan, kata dia, memiliki konsep  bandara modern ramah lingkungan dengan memanfaatkan secara maksimal penerangan sinar matahari, pengaturan konsumsi energi dan pemanfaatan konservasi air.

Bandara Sepinggan dilengkapi dengan unit "garbarata", 74 check-in counters dan 8 unit conveyor. Sementara untuk parkir disiapkan gedung empat lantai yang mampu menampung hingga 2.300 unit kendaraan.

Selain itu, katanya, bandara ini juga dilengkapi dengan fasilitas mutakhir, seperti aplikasi Airport Integrated Management System (AIMS) dan hold baggage screening (HBS) level 4.  

Menurut dia, terminal baru Bandara Sepinggan memiliki luas 110.000 meter persegi dan dengan daya tampung 10 juta penumpang per tahun. Terminal yang dikerjakan selama 32 bulan sejak Agustus 2011 hingga Maret 2014 menelan dana tidak kurang dari Rp2 triliun.

Terminal baru Bandara Sepinggan Balikpapan resmi dioperasikan sejak 22 Maret 2014 oleh  Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak didampingi Wakil Gubernur HM Mukmin Faisyal HP dan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Dicky Wainal Usman.

Pengoperasian terminal baru ini juga ditandai dengan penyambutan kedatangan penumpang di pintu kedatangan regional.

"Untuk grand opening, nanti akan dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersamaan dengan peresmian dan groundbreaking proyek-proyek Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di Kaltim, setelah Pemilu," kata Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak.

Kondisi terminal dan berbagai fasilitas pendukung terminal saat ini sudah semakin baik, namun Awang mengingatkan agar pelayanan kepada para pengguna jasa bandara tetap diperhatikan dan terus ditingkatkan hingga setara dengan pelayanan kelas dunia, seperti layanan yang disajikan bandara-bandara di Eropa, Korea, Hongkong atau Singapura.

"Kita harapkan ke depan PT Angkasa Pura dan maskapai-maskapai penerbangan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Tidak ada lagi kebiasaan-kebiasaan menunda penerbangan atau delay. Travel juga bisa terus meningkatkan pelayanan, sekaligus mendukung sukses promosi pariwisata Kaltim," katanya.

Pada peresmian pengoperasian terminal baru Bandara Sepinggan itu ditandai dengan Lion Air rute Balikpapan-Jakarta menjadi maskapai pertama yang terbang melalui terminal baru ini pada pukul 06.00 Wita. Sedangkan Garuda Indonesia rute Jakarta-Balikpapan menjadi maskapai pertama yang akan tiba di Sepinggan.