Sumsel andalkan Indra Hardinata pada Kejurnas Ski Air

id ski air, indra hardinata andalan sumsel di kejuaraan nasional jakarta

Sumsel andalkan Indra Hardinata pada Kejurnas Ski Air

Atlet ski air persiapan kejuaraan Indonesia di Jakarta (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sumatera Selatan mengandalkan juara Pekan Olahraga Nasional XVIII/2012 Indra Hardinata pada Kejuaraan Indonesia ski air terbuka di Jakarta, 19-23 Maret 2014, untuk mempertahankan tradisi meraih medali sejak tiga tahun terakhir.

"Tentunya Sumsel akan mengandalkan Indra Hardinata sebagai peraih medali emas PON dan medali perunggu SEA Games karena masih merajai di kategori slalom," kata Pelatih Ski Air Iman Suwaji di Palembang, Jumat.

Ia mengemukakan, Tim Sumsel akan diperkuat 12 atlet yang merupakan perpaduan antara junior dan senior.

"Belasan atlet itu telah menjalani latihan intensif sejak tiga bulan terakhir di Danau Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, sembari sesekali menjajal Danau Teluk Gelam, Ogan Komering Ilir," ujarnya.

Ia menerangkan, kejuaraan terbuka ini akan diikuti sekitar 20 provinsi dengan mempertandingkan beberapa kelompok umur untuk ski air, yakni dibawah 14 tahun (U-14), U-17, U-21, terbuka (tanpa pembatasan usia), U-35, U-45 dan U-55. Sementara, untuk jenis wakeboard hanya mempertandingkan U-17 dan U-21.

"Sumsel sendiri rencananya hanya mengikuti kategori dibawah U-17 dan terbuka," ujarnya.

Ia menyebutkan, untuk wakeboard U-17 akan mengirimkan Eka, Silfi Karnaean, Naofal dan Davit. Sedangkan untuk slalom menurunkan, Desti dan Fitria.

Sementara untuk ski air U-21 akan mengutus, M Akbar, Indah Ayu Safitri, dan slalom menurunkan Indra Hardinata, Deriano, Budiman. Kemudian, untuk wakeboard hanya menurunkan Muchendi Mazarekki.

Sementara itu, Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Ishak Mekki mengatakan, organisasinya menargetkan menjadi lumbung atlet kelas dunia menyusul keberadaan arena olahraga bertaraf internasional dalam lima tahun ke depan.

Hal ini dilatari karena daerah telah dikenal komunitas ski air dunia setelah menjadi tuan rumah seri kejuaraan dunia pada tahun 2012 dan 2013. "Targetnya, Sumsel menjadi pusat ski air dunia," ujarnya.

Kontribusi Sumsel ini pun telah dirasakan setelah berhasil menelurkan atlet muda berbakat yakni Indra Hadinata (18).

Indra tercatat sebagai putra daerah Sumsel yang mampu meraih medali emas PON XVIII di Riau tahun 2012, medali perunggu SEA Games tahun 2011, dan medali emas Kejuaraan Asia Junior di Korea Selatan 2012.