Tahapan Pemilu di Sumsel berjalan lancar

id kpu, kpu sumsel, persiapan kampanye, tahapan pemilu, lancar

Tahapan Pemilu di Sumsel berjalan lancar

Komisioner KPU Sumsel Divisi Sosialisasi dan Kampanye Ahmad Naafi. (Foto Antarasumsel.com/13/Yudi Abdullah)

...Rangkaian tahapan pemilu dan persiapan penyelenggaraan pemungutan suara 9 April 2014 sejauh ini bisa berjalan dengan baik...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan menyatakan seluruh tahapan Pemilu Legsilatif 2014 hingga menjelang pelaksanaan kampanye terbuka 16 Maret - 5 April berjalan lancar sesuai rencana.

"Rangkaian tahapan pemilu mulai dari kegiatan sosialisasi, penyusunan daftar calon tetap, pencetakan surat suara, pengaturan jadwal kampanye dan persiapan penyelenggaraan pemungutan suara 9 April 2014 sejauh ini bisa berjalan dengan baik," kata Komisoner KPU Sumsel Ahmad Naafi di Palembang, Selasa.

Menurut dia, kondisi tersebut akan tetap dipertahankan sehingga pesta demokrasi rakyat lima tahunan itu dapat diselenggarakan dengan aman, tertib, jujur dan adil serta menghasilkan wakil rakyat berkualitas yang dapat membawa bangsa dan negara ini lebih maju.

Untuk menyukseskan pemilu itu, selain terus melakukan berbagai persiapan teknis dan perlengkapan pendukung, sekarang ini seluruh jajaran KPU di provinsi yang memiliki 15 kabupaten dan kota ini memanfaatkan waktu menyosialisasikan berbagai hal terkait pemilu dan cara menggunakan hak pilih dengan baik dan benar kepada masyarakat hingga pelosok desa.

Melalui pendistribusian informasi kepada masyarakat hingga pelosok desa mengenai Pemilu Legislatif tahun ini yang sedikit berbeda dengan Pemilu 2009, diharapkan partisipasi mereka menggunakan hak pilihnya dapat meningkat, katanya.

Selain menjaga pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pemilu berjalan dengan lancar sesuai rencana, pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan aparat kepolisian setempat menjaga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) agar tetap kondusif.

Dengan kondisi kamtibmas yang kondusif serta dukungan semua pihak dan seluruh lapisan masyarakat di wilayah provinsi yang memiliki penduduk sekitar 8,6 juta jiwa ini, diharapkan semua hambatan yang dapat mengganggu jalannya seluruh tahapan Pemilu Legislatif termasuk proses penghitungan suara, penetapan dan pelantikan anggota DPR, DPD, DPRD terpilih dapat diatasi dengan baik dan damai, kata Naafi.