'Grand Budapest Hotel' raup pendapatan fantastis

id Film The Grand Budapest Hotel

'Grand Budapest Hotel' raup pendapatan fantastis

Ilustrasi (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

(ANTARA Sumsel) - Film 'The Grand Budapest Hotel' garapan Wes Anderson menjadi film yang dirilis secara terbatas dengan pendapatan perdana tertinggi pada akhir pekan lalu.

Komedi layar lebar yang didistribusikan oleh studio Fox Searchlight itu berhasil meraup pendapatan mencengangkan senilai 800 ribu dolar Amerika (setara Rp9,16 miliar) lewat penayangannya di dua bioskop New York dan dua bioskop Los Angeles. Hal itu berarti rata-rata 'The Grand Budapest Hotel' rata-rata mengantongi 200 ribu dolar Amerika (setara Rp2,9 miliar) per bioskop.

'The Grand Budapest Hotel' juga menjadi film garapan sang penulis skenario sekaligus sutradara Wes Anderson dengan pendapatan perdana tertinggi. Film garapan Wes sebelumnya, yakni 'Moonrise Kingdom', juga meraup pendapatan fantastis pada 2012, senilai 522 ribu dolar Amerika (setara Rp5,97 miliar) lewat penayangan perdananya di empat bioskop. Film tersebut kemudian berhasil mengumpulkan 68 juta dolar Amerika (setara Rp778,52 miliar) dari bioskop-bioskop di seluruh dunia.

'Grand Budapest' juga sukses melampaui pendapatan drama layar lebar 'The Master', yang dibintangi mendiang Phillip Seymour Hoffman dan rata-rata mengantongi 147 ribu dolar Amerika (setara Rp1,68 miliar) di lima bioskop pada 2012. Prestasi tersebut menempatkan 'Grand Budapest' di posisi 10 besar film yang dirilis secara terbatas dengan pendapatan perdana tertinggi sepanjang masa, menurut data yang berhasil dihimpun Box Office Mojo.

'Grand Budapest' berkisah tentang seorang pelayan hotel di Eropa sebelum pecahnya Perang Dunia I, dan dibintangi Bill Murray, F. Murray Abraham, Ralph Fiennes, Adrien Brody, Willem Dafoe, Saoirse Ronan dan Tilda Swinton.