PHRI Sumsel siap bantu tingkatkan kunjungan wisatawan

id phri sumsel, phri, kunjungan wisatawan, tingkatkan kunjungan wisatawan, wisman, wisnus, wisatawan nusantara, mancanegara

PHRI Sumsel siap bantu tingkatkan kunjungan wisatawan

Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Beberapa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah tersebut seperti memperluas kerja sama dengan biro perjalanan wisata, pengusaha hotel dan restoran dalam dan luar negeri...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pengurus Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatera Selatan siap membantu dinas pariwisata setempat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang akhir-akhir ini menunjukkan penurunan.

"Wisawatan Nusantara dan mancanegara yang berkunjung ke provinsi yang memiliki 15 kabupaten dan kota itu berdasarkan data yang dipubliksikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) setempat menunjukkan tren penurunan. Kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan terus menurun," kata Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel Herlan Aspiudin di Palembang, Minggu.

Menurut dia, berdasarkan data BPS, khusus jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Sumsel melalui pintu masuk Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang pada Januari berjumlah 937 orang.

Jumlah wisatawan mancanegara itu menurun sekitar 8,67 persen dibanding bulan sebelumnya Desember 2013 yang mencapai 1.026 orang, katanya.

Dia menjelaskan, melihat angka penurunan itu, beberapa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah tersebut seperti memperluas kerja sama dengan biro perjalanan wisata, pengusaha hotel dan restoran dalam dan luar negeri.

Selain itu juga menggalakkan promosi keunggulan pariwisata di sekitar lokasi hotel dan restoran milik anggota PHRI yang tersebar di 15 kabupaten dan kota di provinsi yang memiliki potensi wisata budaya dan sejarah itu, ujarnya.

Lebih lanjut Herlan mengatakan, pihaknya berkepentingan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Nusantara dan mancanegara ke provinsi ini, karena jika terjadi penurunan dapat berakibat menurunkan pendapatan hotel dan restoran milik anggota PHRI Sumsel.

Dalam kondisi jumlah kunjungan wisatawan sekarang ini, tingkat hunian hotel dan kunjungan restoran sudah cukup baik yakni di atas 60 persen.

Melalui berbagai upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara tersebut, diharapkan ke depan bisnis perhotelan dan restoran semakin cerah, serta semakin banyak investor tertarik mengembangkan sektor kepariwisataan di provinsi ini, ujar Herlan.