Porprov Sumsel hanya pertandingkan tujuh nomor senam artistik

id senam, porprov senam

Porprov Sumsel hanya pertandingkan tujuh nomor senam artistik

Sejumlah atlet senam sedang berlatih (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan hanya mempertandingkan tujuh nomor senam artistik dari sepuluh yang tersedia karena keterbatasan arena, kata Wakil Sekretaris Persatuan Senam Seluruh Indonesia Sumsel Faruk.

"Dua nomor untuk kelompok putra yakni gelang-gelang dan palang tunggal terpaksa ditiadakan karena pertandingan akan digelar di hotel. Peralatan harus ditanamkan di lantai sementara menurut informasi akan digelar di lantai dua," kata Faruk di Palembang, Minggu.

Ia menggemukakan, sehingga yang akan dipertandingkan untuk kelompok putra hanya nomor lantai, meja lompat, palang sejajar, dan kuda pelana. Sedangkan, kelompok putri yakni lantai, meja lompat, dan balok keseimbangan dan tanpa mempertandingkan palang bertingkat.

"Selain nomor-nomor senam artistik, Porprov juga akan mempertandingkan kelas senam ritmik. Meskipun atletnya tidak banyak tapi tetap digelar sebagai bentuk pembinaan," ujarnya.

Sementara itu, ajang Porprov ini dimaksudkan untuk menyeleksi atlet dalam rangka pembentukan tim Pekan Olahraga Wilayah di Batam tahun 2015.

"Atlet akan dibina dalam suatu kompetisi yang berjenjang, yakni dimulai dari Porprov kemudian Porwil, dan nantinya untuk membentuk Tim PON di Jawa Barat tahun 2016," katanya.

Minimnya kompetisi senam tingkat nasional maupun daerah membuat ajang Porprov ini demikian penting untuk mengevaluasi hasil latihan atlet dalam periode tertentu.

Senam sendiri merupakan salah satu cabang olahraga andalan Sumsel karena senantiasa menyumbangkan medali pada perhelatan PON.

Pada PON XVIII di Riau tahun 2012, Sumsel meraih satu medali perak dari nomor senam artistik putri dan satu perunggu pada nomor senam artistik putra.