BPBD Sumsel waspadai banjir dan longsor

id yulizar, kepala bpbd sumsel

BPBD Sumsel waspadai banjir dan longsor

Ketua BPBD Sumsel Yulizar Dinoto (FOTO Antarasumsel.com/Feny Sely)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tetap mewaspadai ancaman banjir dan tanah longsor karena hujan diperkirakan masih akan turun.

"Bahkan diprediksi hujan akan meningkat hingga April nanti sehingga siaga tetap dilaksanakan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel Yulizar Dinoto kepada wartawan di Palembang, Jumat.

Menurut dia, pihaknya tetap akan siaga karena berdasarkan ramalan cuaca hujan masih akan turun. Kewaspadaan tetap diutamakan terutama ancaman banjir dan tanah longsor agar dapat dicegah secara maksimal bila terjadi.

Mengenai daerah yang rawan banjir, kata dia, antara lain dataran rendah dan bantaran sungai seperti di Banyuasin, Musi Banyuasin, Muaraenim, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir dan Musirawas Utara.

Ia mengatakan, untuk daerah rawan longsor yakni dataran tinggi seperti Pagaralam, Lahat, Tebing Tinggi dan Ogan Komering Ulu Selatan.

Memang, kata dia, bila hujan turun secara rutin bisa saja terjadi banjir, apalagi air pasang yang jika meluap tidak akan tertampung.

Begitu juga longsor bisa saja terjadi saat musim hujan karena curahan air dapat mengganggu dataran tinggi terutama di wilayah perbukitan.

Oleh karena itu, pihaknya tetap waspada dengan menyiagakan fasilitas yang dimiliki untuk mengantisipasi banjir dan longsor tersebut.

"Alat berat juga disiagakan termasuk di kabupaten dan kota untuk menanggulangi jika bencana datang," katanya.