Gudang bantuan bencana regional Sumatera siap difungsikan

id gudang bencana, bantuan, kemensos, gudang bantaun refional sumatera, siap, difungsikan, petunjuk teknis, tagana, dinsos

Gudang bantuan bencana regional Sumatera siap difungsikan

Ilustrasi. (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

...Pembangunan gudang bantuan bencana untuk masyarakat di regional Sumatera sudah selesai, sekarang ini tinggal menunggu petunjuk teknis pengoperasiaannya dari Kementerian Sosial...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Gudang bantuan bencana regional Sumatera di Jalan Lintas Timur Sumatera kawasan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan yang dibangun sejak 9 September 2013 kini sudah selesai dan siap difungsikan.

"Pembangunan gudang bantuan bencana untuk masyarakat di regional Sumatera sudah selesai, sekarang ini tinggal menunggu petunjuk teknis pengoperasiaannya dari Kementerian Sosial," kata Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Sumsel MS Sumarwan di Palembang, Jumat.

Menurut dia, gudang bantuan bencana regional yang dibangun di atas lahan seluas 2.200 m2 dengan dana sekitar Rp4,6 miliar, cukup besar untuk menyimpan stok bantuan bahan makanan dan peralatan evakuasi korban bencana.

"Keberadaan gudang bantuan tersebut cukup penting, jika terjadi bencana di wilayah Sumatera bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban suatu bencana dapat cepat diberikan karena perjalanan pendistribusiannya cukup dekat, tidak harus menunggu kiriman dari Jakarta seperti selama ini," katanya.

Sebelumnya Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Dr Andi ZA Dulung mengatakan, pihaknya menjadikan Provinsi Sumatera Selatan sebagai gudang bantuan bencana regional untuk wilayah Sumatera karena pertimbangan lokasi daerah ini cukup strategis.

Gudang bantuan regional itu secara nasional baru ada dua, selain di wilayah Sumsel, juga dibangun di Makasar, Sulawesi Selatan.

Dengan adanya dua gudang bantuan bencana regional itu diharapkan, jika terjadi bencana di kawasan Sumatera bantuannya bisa dipenuhi dari Kota Indralaya, Sumsel.

Sedangkan jika terjadi bencana di kawasan Indonesia Timur, bantuannya bisa dipasok atau dimobilisasi dengan cepat dari gudang yang ada di Kota Makasar.

Melalui penempatan gudang bantuan bencana secara regional, diharapkan masalah keterlambatan penanggulangan bencana dan pemberian bantuan kepada korban bencana bisa dihindari dan dapat dicegah timbulnya masalah sosial di lokasi yang mengalami bencana, kata Andi.