BPBD: Status gunung dempo masih normal

id yulizar, kepala bpbd sumsel

BPBD: Status gunung dempo masih normal

Yulizar Dinoto (FOTO Antarasumsel.com/Feny Sely)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumsel menyatakan status Gunung Dempo di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan masih normal sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat sekitar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemerintah Provinsi Sumsel Yulizar Dinoto kepada wartawan di Palembang, Selasa mengatakan, berdasarkan hasil laporan Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Pos Pengamatan Gunung Api, Gunung Dempo Pagaralam statusnya masih normal.

Hal ini berdasarkan pengamatan Gunung Dempo selama Desember lalu karena pada pagi hari masih terlihat jelas, siang hingga malam hari memang sering tertutup kabut, katanya.

Begitu juga suhu udara minimum 18 derajat hingga 20 derajat celcius,  sementara udara maksimum 23 sampai 28 derajat.

Sementara mengenai kondisi hujan sendiri memang sering turun begitu juga angin tetapi masih status normal.

Namun, ujar dia, berdasarkan catatan pesawat seismograf PS 2 selama Desember memang terjadi gempa ringan.

Begitu juga kejadian di puncak dan sekitarnya sejak pagi hingga menjelang malam hari gunung tersebut tidak ada gejala peningkatan atau perubahan sehingga statusnya masih normal dan tidak membahayakan.

Walaupun statusnya normal sebagai BPBD pihaknya terus waspada dan selalu berkoordinasi dengan tim pemantau gunung tersebut.

Kewaspadaan penting karena bila ada hal yang tidak diinginkan dapat diantisipasi secara dini, katanya..