BPBD: Selama 2014 tercatat 31 kali kasus bencana alam di Sumsel

id yulizar dinoto, kepala BPBD Sumsel

BPBD: Selama 2014 tercatat 31 kali kasus bencana alam di Sumsel

Yulizar Dinoto (FOTO Antarasumsel.com/Feny Sely)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Yulizar Dinoto mengatakan, selama 2014 hingga saat ini pihaknya mencatat terjadi 31 kali kasus bencana alam di wilayah tersebut.

Jumlah bencana tersebut sesuai laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten dan kota se Sumsel, kata Yulizar kepada wartawan di Palembang, Senin.

Sementara bentuk bencana sendiri terbanyak banjir terjadi di 18 lokasi yang tersebar di kabupaten dan kota.

Menurut dia, selanjutnya kasus kebakaran ada lima kali, tanah longsor empat kejadian dan kecelakaan kapal serta angin puting beliung ada dua kali.

Khusus untuk banjir antara lain di Kabupaten Musirawas Utara, Palembang, Musi Banyusin, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir dan Penungkal Abab Lematang Ilir serta Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Namun, ujar dia, dari bencana tersebut semuanya sudah ditanggulangi serta pihaknya telah memberikan bantuan seperti  beras, lauk pauk sudah disalurkan terhadap korban untuk meringankan beban mereka.

Mengenai bantuan sendiri berpariasi tergatung kondisi bencana itu sendiri serta korban, katanya.

Sementara bencana alam pada 2013, dia mengatakan, memang jumlahnya cukup banyak yakni tercatat 219 kejadian.

Bencana terbesar didominasi kebakaran ada 107 kejadian, disusul banjir 44 lokasi, angin puting beliung 31 dan longsor 25 titik serta selebihnya bencana lainnya.