Pelindo perbarui peralatan bongkar muat pelabuhan Palembang

id pelindo, pelabuhan, pelabuhan boom baru, optimalisasi, perbarui, peralatan, ongkar muat

Pelindo perbarui peralatan bongkar muat pelabuhan Palembang

Ilustrasi - Aktivitas bongkar muat di pelabuhan Boom Baru Palembang. (FOTO Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Upaya memperbarui peralatan bongkar muat dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja pelabuhan sungai di ibu kota provinsi Sumatera Selatan itu...
Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Palembang secara bertahap memperbarui peralatan bongkar muat di pelabuhan Boom Baru yang sudah berusia tua dan kurang efisien dalam pelayanan jasa kepelabuhan.

"Upaya memperbarui peralatan bongkar muat dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja pelabuhan sungai di ibu kota provinsi Sumatera Selatan itu," kata Advisor Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan/Humas PT Pelindo II Cabang Palembang Duskisyah, Senin.

Menurut dia, beberapa peralatan yang sudah tua seperti "container crane" dan peralatan lainnya segera diganti karena tidak sesuai dengan aktivitas pelayanan jasa kepelabuhan yang terus mengalami peningkatan.

Beberapa peralatan di pelabuhan Boom Baru yang sudah berusia tua kemampuannya terus berkurang, sehingga jika tidak segera diganti akan menurunkan kinerja perusahaan.

Sebagai contoh satu "container crane" yang kurang efisien dan baru dilakukan penggantian karena normalnya memiliki kapasitas daya angkut hingga 30 ton kini kemampuannya sudah berkurang sehingga tidak berfungsi maksimal.

Peralatan baru tersebut lebih canggih dengan kapasitas daya angkut lebih besar hingga mencapai 60 ton, sehingga dapat mendukung optimalisasi pelabuhan yang aktivitasnya terus mengalami peningkatan itu, katanya.

Dia menjelaskan, PT Pelindo II Cabang Palembang berupaya mengoptimalkan pelabuhan sungai Boom Baru dan menjadi perusahaan penyedia jasa kepelabuhan di wilayah Sumsel yang lebih efisien dan modern.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya terus berupaya mengganti peralatan bongkar muat yang kondisinya sudah tidak efisien lagi.

Sekarang ini pelabuhan Boom Baru sudah memiliki sejumlah peralatan baru yang cukup canggih seperti dua unit "container crane" dan empat unit "Rail Mounted Gantry Crane" (RMGC) untuk menunjang kegiatan bongkar muat di dermaga peti kemas.

Selain itu dilengkapi empat unit "jeb crane" untuk memperlancar kegiatan pelayanan bongkar muat barang nonpeti kemas di dermaga konvensional, kata Duskisyah.