HPN dimeriahkan acara bakar 12 ton ikan

id bakar ikan, hpn dimeriahkan acara bakar ikan

HPN dimeriahkan acara bakar 12 ton ikan

Ilustrasi - Ribuan warga Bengkulu adakan acara bakar 12 ton ikan (FOTO ANTARA)

Bengkulu (ANTARA Sumsel) - Hari Pers Nasional 2014 di Bengkulu, Sabtu dimeriahkan dengan acara bakar ton diselenggarakan bekerja sama dengan komunitas wisata Wonderful.

"Hari ini dilakukan bakar ikan di lokasi pemanggangan sepanjang 12 kilometer untuk memecahkan rekor MURI," kata Ketua Panitia HPN 2014, Azwar Boerhan, Sabtu.

Acara panggang ikan tersebut dipusatkan di kawasan wisata Pantai Panjang, Kota Bengkulu.

Ribuan masyarakat Kota Bengkulu ditargetkan terlibat acara bakar ikan tersebut.    

Ia mengatakan panitia HPN menyediakan ikan dan arang, sedangkan masyarakat yang akan berpartisipasi diminta membawa kipas dan nasi.

"Panitia dibantu organisasi dari Wonderful Bengkulu sudah membagi kupon melalui petugas kelurahan," ujarnya.

Boerhan mengatakan selain memeriahkan HPN 2014 Bengkulu, acara tersebut juga untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Bengkulu yang masih rendah.

Berbagai jenis ikan laut dan ikan air tawar yang disediakan panitia antara lain gebur, ikan kakap, gurami dan lainnya.

Ketua Umum Wonderful Bengkulu, Yuliansyah Putra mengatakan sebagai komunitas wisata yang berasal dari berbagai profesi menggagas agenda tersebut untuk mengangkat potensi bahari Bengkulu.

"Kami berharap dapat membantu promosi pariwisata Bengkulu dan meningkatkan produk usaha perikanan yang dimiliki oleh warga Kota Bengkulu," katanya.

Rangkaian acara HPN di Kota Bengkulu sudah digelar sejak 1 Februari 2014 yakni acara jalan sehat santai yang diikuti kalangan jurnalis dan masyarakat setempat.

Selanjutnya pada 2 Februari 2014 digelar "fun bike" di kawasan wisata Pantai Panjang.

Pameran pers dan HPN Expo sudah dibuka Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring pada 6 Februari 2014 dan pameran berlangsung hingga 10 Februari 2014.

Puncak HPN akan digelar Minggu (9/2) di kawasan Benteng Marlborough dan akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.