Dana pelaksanaan POM ASEAN sementara Rp36 Miliar

id pom asean, dana pom asean

Dana pelaksanaan POM ASEAN sementara Rp36 Miliar

Maskot POM ASEAN XVII 2014 Palembang - Bona (Antarasumsel.com/Logo/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Panitia pelaksana saat ini mengantongi dana sebesar Rp36 miliar yang bersumber dari APBN untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Mahasiswa Asean "Asean University Games" pada Desember 2014.

Ketua Pengurus Pusat Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Illah Saillah di Palembang, Jumat, mengatakan bahwa pendanaan Asean University Games (AUG) itu untuk sementara ini yang sudah dianggarkan dari APBN sebesar Rp36 miliar.

"Kami berharap akan ada penambahan pengajuan APBN-P setelah dilakukan perhitungan secara lengkap mengenai berbagai kebutuhan," kata Illah seusai membuat pertemuan empat negara membahas kesiapan tuan rumah Sumatera Selatan sebagai penyelenggara acara tersebut.

Ia mengemukakan pendanaan AUG tersebut akan diambil dari berbagai sumber, di antaranya, Diktikemdikbud, Universitas Sriwijaya, dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Pada perhitungan sementara, pihaknya memperkirakan membutuhkan dana sekitar Rp180 miliar untuk menggelar pertandingan 15 cabang olahraga dan menyiapkan delegasi Indonesia, katanya.

"Besar atau kecilnya dana yang akan dikeluarkan sangat tergantung dengan jumlah cabang olahraga. Kesepakatan sebelumnya, tuan rumah bersedia menggelar setidaknya 15 cabang olahraga," ujarnya.

Terkait dengan pertemuan di Palembang ini, ia menerangkan untuk membahas mengenai jumlah serta cabang olahraga yang akan dipertandingkan, serta tanggal pelaksanaan kegiatan mengingat pada pertemuan kedua di Penang sebatas memilih bulan Desember 2014.

Pada pertemuan ke-3 ini diikuti empat negara yang bertindak sebagai perwakilan yakni Malaysia, Thailand, Singapura, dan Indonesia selaku tuan rumah.

"Selain akan menetapkan cabang olahraga, pertemuan ini juga membahas mengenai teknis pelaksanaan pertandingan, semisal wasit, aturan perlombaan, dan lainnya," ujarnya.

Sebanyak 5.000 orang atlet dan 2.000 orang ofisial diperkirakan akan mengikuti ajang bergengsi antarmahasiswa Asia Tenggara ke-17 itu.

Meski perhelatan itu tidak seakbar SEA Games, namun jumlah peserta akan meningkat tiga kali lipat menyusul peran Sumsel sebagai tuan rumah tunggal ASEAN University Games.