Atlet Sumsel sumbang emas Asean Paragames

id atlet cacat, atlet cacat sumsel raih emas

Palembang (ANTARA Sumsel) - Atlet berkebutuhan khusus Sumatera Selatan menyumbang tiga medali emas dan tiga perak pada ajang Asean Paragames di Myanmar, 12-20 Januari 2014.

"Bersyukur sekali para atlet mampu memberikan penampilan terbaiknya sehingga turut berkontribusi atas gelar juara umum Indonesia pada Asean Paragames," kata Pelatih Atlet Berkebutuhan Khusus Sumsel Sarjana di Palembang, Senin, ketika dimintai informasi mengenai capaian atlet Sumsel pada ajang dua tahunan tersebut.

Ia mengemukakan, satu medali emas dipersembahkan Fadli Amirullah (25) pada nomor lari estapet 4x100 meter, dan dua medali emas berhasil diraih Jendi Panggabean pada renang jarak 50 meter gaya punggung (pecah rekor dengan catatan waktu 33,83 detik) dan renang jarak 100 meter gaya punggung.

Sementara dua medali perak kembali dipersembahkan Fadli Amirullah pada nomor lompat jauh dan lari 100 meter putra, dan Jendi Panggabean (18) pada renang jarah 200 meter gaya ganti.

Terkait penampilan anak asuhnya, ia tidak menyangka dapat memboyong tiga medali emas sekaligus mengingat hanya menargetkan dua medali emas.

"Semula menargetkan Fadli meraih dua medali emas karena pada dua kali penyelenggaraan terakhir meraih emas pada lompat jauh, tapi justru Jendi yang melesat dengan berhasil memecahkan rekor," ujarnya.

Ia menambahkan, keberhasilan anak didiknya itu tak lain berkat menjalani pemusatan latihan nasional selama tujuh bulan di Jakarta.

Selain itu, dukungan keluarga juga mempengaruhi dalam peningkatan kemampuan mental atlet untuk modal bertanding.

"Pendampingan yang dilakukan terus menerus oleh keluarga dan tim pelatih membuat anak-anak bangkit dan tampil penuh percaya diri," katanya.

Prestasi atlet berkebutuhan khusus Sumatera Selatan cukup membanggakan setelah beberapa kali menuai prestasi pada ajang internasional.

Sebelumnya, atlet Sumsel itu berhasil menyumbangkan lima medali emas, tiga perak dan dua perunggu pada ajang Special Olimpic Asia Pasific Regional Games di New Castle, Australia, 27 Desember 2013-7 Januari 2014.

Lima emas dipersembahkan, Dwi Prabawati (3 emas bulu tangkis) dan Fadli Amirullah (2 emas atletik), dua medali perak berkat Ahmad Sanjaya (bulu tangkis), dan dua perunggu oleh Ahmad Sanjaya dan Mahmudi (futsal).