Palembang jadi pusat pelatihan wartawan ASEAN

id pwi, caj, ahmad kusaeni, pusat pelatihan wartawan asean, asean, palembang, cajet, pelatihan jurnalistik, jurnalistik

Palembang jadi pusat pelatihan wartawan ASEAN

Direktur Pemberitaan LKBN Antara Akhmad Kusaeni didampingi Deputy Konfederasi Wartawan ASEAN (CAJ) Rahmad Nasution melakukan pembicaraan dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Pendirian pusat pendidikan dan pelatihan jurnalistik itu akan diawali dengan kegiatan pelatihan 22 wartawan ASEAN serta Timor Leste pada 11 - 13 Februari 2014...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Kota Palembang, Sumatera Selatan, yang menjadi pelopor Sekolah Jurnalisme Indonesia pada 2010, akan dijadikan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik ASEAN.

Pendirian pusat pendidikan dan pelatihan jurnalistik itu akan diawali dengan kegiatan pelatihan 22 wartawan ASEAN serta Timor Leste pada 11 - 13 Februari 2014, kata Sekretaris Tetap Konfederasi Wartawan ASEAN (CAJ) Akhmad Kusaeni saat menghadiri konferensi provinsi PWI Sumsel di Palembang, Sabtu.

Dia menjelaskan, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik ASEAN (CAJET) merupakan inisiatif delegasi PWI Pusat pada Sidang Umum CAJ di Manila, Filipina, November 2013.

Dengan perjuangan keras meyakinkan peserta sidang tersebut, CAJET disetujui didirikan di Indonesia khususnya di Kota Palembang, Sumatera Selatan, dan segera direalisasikan dengan ditandai peluncurannya pada momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Bengkulu 9 Februari 2014 dan dilanjutkan dengan pelaksanaan program pertamanya di Palembang 11 - 13 Februari.

Dalam peluncuran CAJET di Bengkulu itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono direncanakan memberikan kuliah umum di hadapan para wartawan Indonesia dan sembilan negara anggota ASEAN lainnya serta Timor Leste

Dalam pelatihan jurnalistik wartawan ASEAN akan tampil sebagai narasumber dari Thomson Foundation (Inggris), Kementerian Luar Negeri RI, wartawan senior Indonesia dan akademisi, kata direktur pemberitaan Perum LKBN Antara itu.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan mendukung pendirian CAJET di Palembang dan berjanji menyiapkan berbagai keperluan untuk penyelenggaraan program perdana pusat pendidikan jurnalistik ASEAN itu.

"Sarana yang berada di kompleks olahraga Jakabaring yang pernah dipakai untuk SEA Games 2011 dan Islamic Solidarity Games 2013 bisa dipakai untuk mendukung pelaksanaan CAJET," ujar Alex.