PODSI Sumsel siapkan atlet ke Kejurnas

id dayung, atlet dayung sumsel, PODSI Sumsel siapkan atlet ke Kejurnas

PODSI Sumsel siapkan atlet ke Kejurnas

Pasangan pedayung Indonesia Marjuhi (kiri) dan Jeflin Mehue melambaikan tangan usai memenangkan kelas Souble canoe 500 meter pada South East Asia Canoe Championship 2013 di arena ski air Jakabaring, Palembang, Senin (1/7). (Foto Antarasumsel.com/13/F

Palembang (ANTARA Sumsel) - Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia Sumatera Selatan menyiapkan 21 orang atlet mengikuti Kejuaraan Nasional senior di Karawang, Jawa Barat, 26-31Januari 2014.

"Atlet telah disiapkan sejak beberapa bulan lalu dengan mengikuti program latihan khusus peningkatan kemampuan," kata Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia Sumatera Selatan Eva Ruliningtias di Palembang, Kamis.

Ia mengemukakan, latihan intensif itu diberikan mengingat Kejurnas mendatang dijadikan ajang seleksi atlet untuk mengikuti Pemusatan Latihan Nasional Asian Games di Korea pada tahun ini.

Adapun atlet-atlet itu diantaranya Mahardika, Noval Dwi Wijaya, Habibi, Syarin, Gilang, Diki, Josep, Elin, Winda Sari, Evi Diana, Meri Andini, dan Rizka.

"Harapannya, para atlet dapat mengeluarkan kemampuan terbaik sehingga terpilih mewakili Indonesia pada ajang internasional," katanya.

Terrkait dengan tingkat persaingan, Eva menyatakan terbilang ketat, mengingat kekuatan cabang olahraga dayung saat ini telah merata.

Sebelumnya, olahraga dayung didominasi Indonesia Timur, namun seiring dengan perkembangan ilmu pengetahunan dan teknologi telah berkembang di beberapa provinsi dan salah satunya Sumatera Selatan.

"Target tidak berlebihan, setidaknya menyamai perolehan medali pada Pekan Olahraga Nasional tahun 2012 yakni, 1 perak dan 1 perunggu," ujarnya.

Prestasi atlet dayung Sumatera Selatan membanggakan menyusul torehan satu medali emas, dua perak, dan tiga perunggu pada SEA Games XXVII di Myanmar, 11-22 Desember 2013.

Pada ajang dua tahunan negara-negara Asia Tenggara itu, terdapat 11 orang atlet Sumsel yang ambil bagian pada lima cabang olahraga dan penyumbang medali paling besar berasal dari cabang olahraga dayung.

Perolehan satu medali emas dayung dipersembahkan Wahyuni pada nomor double scull putri berpasangan dengan pedayung asal Papua Maryam Magdalena. Kemudian, dua medali perak diraih Maryati pada nomor 5 kru 500 meter putri dan 22 kru 2.000 meter putri.

Sementara, tiga medali perunggu diperoleh oleh pedayung Sumsel lainnya yakni Yuniati yang turun pada nomor 4 min putri, dan dua perunggu lainnya kembali direbut oleh Maryati pada nomor 22 kru 500 meter putri dan 12 kru 500 meter putri.