Penumpang KA bisa cetak tiketnya sendiri

id tiket kereta api, kereta api, cetak tiket kereta api

Penumpang KA bisa cetak tiketnya sendiri

Ilustrasi. (FOTO ANTARA/Feny Selly/12)

Purwokerto (ANTARA Sumsel) - Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan kemudahan bagi calon penumpang KA untuk mencetak tiketnya sendiri di stasiun melalui fasilitas cetak tiket sendiri (self service ticketing).

"Fasilitas ini disediakan bagi calon penumpang yang telah melakukan transaksi pembayaran pemesanan tiket melalui loket penjualan tiket KA eksternal seperti Kantor Pos, Pegadaian, agen tiket, jaringan ATM, SMS atau internet banking, minimarket, dan 'payment point'," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto, Surono, di Purwokerto, Jumat.

Menurut dia, selama ini calon penumpang yang telah melakukan transaksi pembayaran pemesanan tiket KA melalui loket eksternal harus menukarkan struk pembayaran, menunjukkan notifikasi surat elektronik (e-mail), atau SMS pembayaran tiket kepada petugas di loket stasiun guna mendapatkan tiket asli.

Dengan tersedianya fasilitas "self service ticketing" ini, kata dia, calon penumpang tidak harus menukarkan tiket di loket, tetapi bisa langsung mencetak sendiri tiketnya dengan perangkat yang disediakan di ruang tunggu stasiun.

Dalam hal ini, lanjut dia, calon penumpang tinggal memasukkan kode pemesanan, nomor identitas, dan nama stasiun keberangkatan penumpang yang ada pada struk atau notifikasi pembayaran tiket.

"Setelah semuanya dimasukkan dalam fasilitas 'self service ticketing', maka tiket resmipun sudah langsung tercetak," katanya.

Lebih lanjut, Surono mengatakan bahwa PT KAI telah menggandeng beberapa bank, perusahaan, dan minimarket untuk menerima pembayaran pemesanan tiket KA, antara lain Bank BNI, BCA, PT Pos Indonesia, Alfamart, dan Indomaret.

Menurut dia, fasilitas "self service ticketing" untuk sementara disediakan di stasiun-stasiun besar yang dipandang ramai frekuensi penukaran tiketnya.

"Khusus untuk wilayah PT KAI Daop V Purwokerto, fasilitas ini dipasang di Stasiun Besar Purwokerto, Stasiun Kroya, dan Stasiun Kutoarjo. Fasilitas ini mulai beroperasi pada hari Kamis (26/12)," katanya.

Selain untuk memberikan kemudahan, kata dia, fasilitas tersebut juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar terbiasa dengan teknologi informasi.

Dalam kesempatan yang sama, Surono mengatakan bahwa PT KAI mulai tanggal 30 Desember 2013 hingga 25 Desember 2016 akan memberikan diskon sebesar 10 persen bagi anggota Forum Komunikasi Dermawan Darah (Fokuswanda).

"Diskon ini berlaku untuk semua KA komersial, baik eksekutif, bisnis, maupun ekonomi komersial. Pemberian diskon ini sebagai bentuk penghargaan kepada anggota Fokuswanda," katanya.

Menurut dia, diskon ini dapat diberikan bagi anggota Fokuswanda yang telah menyumbangkan darahnya minimal 75 kali.

Akan tetapi, kata dia, fasilitas diskon ini tidak dapat digabung dengan tarif diskon yang lain dan tidak berlaku untuk KA komuter.

Anggota Fokuswanda bisa memperoleh diskon ini dengan cara melampirkan fotokopi kartu tanda anggota (KTA) saat membeli tiket di loket stasiun dan menunjukkan KTA asli saat 'boarding pass' serta pemeriksaan tiket di dalam KA," katanya.