Kanwil Kemenkumham Sumsel beri remisi Natal

id remisi, kemenkumham, hari besar keagamaan, natal, remisi natal, lp, napi, narapidana

Kanwil Kemenkumham Sumsel beri remisi Natal

Soni Joniadi.(Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/13)

...Sesuai dengan ketentuan pada setiap hari besar keagamaan narapidana yang berkelakukan baik selama proses pembinaan diberikan remisi mulai dari 15 hari hingga satu bulan setengah...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan memberikan remisi atau pengurangan masa hukuman kepada 41 narapidana yang merayakan Natal pada 25 Desember 2013.

"Sesuai dengan ketentuan pada setiap hari besar keagamaan narapidana yang berkelakukan baik selama proses pembinaan diberikan remisi mulai dari 15 hari hingga satu bulan setengah," kata Kasubag Humas dan Laporan Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumsel, Soni Joniadi, di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, napi yang mendapatkan remisi khusus Natal itu adalah yang terkena kasus tindak pidana umum, dengan perincian remisi 15 hari diberikan kepada 12 orang, remisi 30 hari 28 orang, dan remisi 45 hari kepada satu orang.

Dalam pemberian remisi khusus Natal tahun ini, tidak ada satu pun napi yang memperoleh remisi langsung bebas, sehingga tidak ada napi itu yang bisa merayakan hari besar keagamaan itu bersama keluarganya di rumah.

Namun untuk memberikan kesempatan kepada warga binaan yang merayakan Natal, pihaknya memberikan kesempatan kepada yang bersangkutan menerima tamu dan keluarga yang akan merayakan hari bahagia itu secara bersama di lingkungan lembaga pemasyarakatan (LP) atau rumah tahanan negara (rutan) masing-masing.

Menurut dia, setiap napi berhak mendapatkan remisi khusus hari keagamaan itu, dengan ketentuan memenuhi beberapa persyaratan, seperti telah menjalani masa hukuman paling singkat enam bulan penjara.

"Besar remisi yang diberikan kepada para napi itu sesuai dengan waktu bersangkutan menjalani masa hukuman, dan penilaian petugas lembaga pemasyarakatan atas sikap dan kelakuannya selama menjalani pembinaan," ujar Soni.

Suasana perayaan Natal di Gereja Siloam Kambang Iwak Palembang tampak umat Kristiani menjalani ritual keagamaan dengan lancar di bawah pengamanan aparat kepolisian dari Polresta Palembang dan Tim Gegana Brimob Polda Sumsel.

Aparat kepolisian tersebut tampak berjaga mulai dari jalan akses menuju gereja dan di halaman tempat ibadah tersebut, serta tampak pula beberapa mobil patroli polisi silih berganti mengelilingi kawasan taman kota Kambang Iwak yang pada saat libur Natalan ini cukup ramai dikunjungi warga yang berolahraga dan menjadi tempat bersantai atau nongkrong kalangan anak muda.