KAI Sumsel berlakukan tarif promo Januari 2014

id loket, tiket kereta api, stasiun kertapati

KAI Sumsel berlakukan tarif promo Januari 2014

Petugas loket tiketting kereta api di Stasiun Kertapati Palembang (FOTO ANTARA/Feny Selly/13)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Sumatera Selatan, mulai 1-30 Januari 2014 meluncurkan tarif promo "Makin Awal Makin Special", dimana pembelian tiket 90 hari sebelum keberangkatan bisa mendapatkan Tarif Batas Bawah atau harga terendah.

Pembelian tiket tarif promo Januari 2014 tersebut untuk periode pemberangkatan 1-30 April 2014, kata Manager Humas PT KAI Divre III Sumsel Bambang S Prayitno di Palembang, Rabu.

Dikemukakannya, untuk memanjakan pengguna jasa angkutan penumpang kereta api, pihak perusahaan juga meluncurkan program promo kedua "Murahnya Rame-Rame".

Program promo kedua ini memberlakukan tarif progresif mulai pembelan tiket ke-4 diskon 10 persen, pembelian ke-5 ada potongan harga 15 persen dan ke-5 mendapat pengurangan harga 20 persen.

Promo berlaku untuk pembelian dan keberangkatan di bulan Januari 2014 dan tiket dipesan di stasiun on-line.

Untuk mempermudah pengguna jasa, Tiket KA bisa dipesan melalui Call center 121 On-line tiketing seperti: tiket.kereta-api.co.id dan tiketkai.com serta melalui gerai-gerai alfamart, indomart dan lainnya.

Menyinggung mengenai angkutan kereta api penumpang selama Natal, menurut Bambang, hingga hari ke enam masa posko angkutan Natal dan tahun baru 2014, kondisi perjalanan KA di Divre III Sumsel membawahi Sub Divre III.1 Kertapati dan Sub Divre III.2 Tanjung Karang dalam keadaan aman lancar dan terkendali.

Sementara data penumpang terangkut di Sub Divre III.1 Kertapati per 24/12 tercatat 13.663 orang dengan tujuan Tanjung Karang (Lampung) dan Lubuklinggau dengan rincian kelas eksekutif 2.458 orang penumpang, bisnis AC 2.897 orang penumpang dan kelas ekonomi AC 8.308 penumpang.

Selanjutnya untuk reservasi tiket  keberangkatan hari ini hingga 1 Januari yang terdata pada Rabu pukul 11.00 Wib kereta api Sindang Marga Kertapati-Lubuklinggau rata-rata kelas eksekutif tiket tersisa 50 seat, kecuali tgl 25 dan 26 habis terjual, sementara kelas bisnis AC rata-rata masih tersisa 80 tempat duduk.

Berikutnya, KA Sriwijaya Kertapati-Tanjung Karang, kelas eksekutif rata-rata  masih 60 tiket tersisa, kelas bisnis AC masih tersedia tiket rata-rata 20 tempat duduk, kecuali untuk tanggal (26/12) habis, (28/12) ada lima tiket dan (30/12) tersisa enam tempat duduk.

Serta, KA ekonomi AC Serelo Kertapati-Lubuklinggal tiket tersisa rata-rata masih 125 tempat duduk dan KA ekonomi AC Rajabasa Kertapati-Tanjung Karang rata-rata 100 tiket.

Ia menambahkan, data sisa tiket masih terus berjalan dan sewaktu-waktu berubah, sesuai dengan penjualan Online tikceting system yang bisa di reservasi multy chanel bahkan dalam Handphone genggaman.

Sementara, pihak PT KAI tetap memberlakukan ketentuan penjualan tiket 100 persen sesuai dengan jumlah tempat duduk, sehingga selama dalam perjalanan tidak ada penumpang berdesak-desakan atau berdiri, termasuk melarang para pedagang asongan menaiki kereta sebagai upaya memberikan kenyamanan dan keamanan selama dalam perjalanan, kata Bambang.