Bupati: APBD Musirawas 2014 turun

id ridwan mukti, bupati mura, apbd mura turun

Bupati: APBD Musirawas 2014 turun

Bupati Musi Rawas Ridwan Mukti (Foto Antarasumsel.com/Ist)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Bupati Musirawas, Sumatera Selatan Ridwan Mukti mengatakan, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2014 kabupaten itu turun, akibat imbas pemekaran wilayah baru yakni Kabupaten Musirawas Utara.

APBD Musirawas tahun 2013 mencapai Rp1,6 triliun, maka 2014 diperkirakan turun sekitar 49 persen atau menjadi Rp1,17 triliun, kata Bupati Ridwan Mukti, Minggu.

Sedangkan APBD kabupaten baru Musirawas Utara (Muratara) akan dialokasikan dana mencapai Rp600 miliar, untuk membiayai pembangunan infrastruktur pemerintahan baru di wilayah itu.

Ia menjelaskan, penurunan APBD 49 persen itu terdiri atas pendapatan 28 persen dan sisanya belanja rutin, namun demikian tidak semuanya turun masih ada juga yang stabil bahkan terjadi peningkatan.

Penurunan tersebut disebabkan adanya pemisahan Daerah Otonomi Baru Kabupaten Musirawas Utara dari kabupaten induk Musirawas beberapa bulan lalu.

Ada beberapa sektor pendapatan Kabupaten Musirawas yang mengalami penurunan, antara lain Pendapatan Asli Daerah (PAD)terdiri atas pajak daerah dan lain-lain turun hingga 44,4 persen.

Selain itu dana perimbangan yang terdiri atas dana bagi hasil pajak dan non pajak, Dana Alokasi Umum (DAU), serta Dana Alokasi Khusus (DAK) juga mengalami penyusutan.

Ia mengatakan, Pemerintahan Kabupaten Musirawas berbagai aspek pendapatan daerah mengalami penurunan.

Hal itu berdampak pada belanja daerah akan mengalami penyusutan hingga 26,99 persen, bahkan untuk belanja langsung turun mencapai 35,19 persen.

Namun demikian penurunab pendapatan dan anggaran belanja ini tidak akan berpengaruh buruk terhadap roda pemerintahan, maupun pembangunan di Kabupaten Musirawas, ujarnya.

Pada APBD 2014 pihaknya masih memfokuskan pada pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan, karena dua unsur itu sangat membantu perkembangan perekonomian daerah.

Ketua DPRD Musirawas H Srie Hernalini Nita Utama mendukung APBD 2014 terfokus pada infrastruktur jalan dan jembatan karena sangat dibutuhkan masyarakat.

Contohnya, di Kecamatan Muara Kelinggi dari 20 desa baru 30 persen terakomondir pembangunan jalan dan jembatan.

Sedangkan pada 2014/2015 ditargetkan seluruh jalan di Kabupaten Musirawas beraspal beton hingga ke pedesaan termasuk jembatannya sudah tuntas, ujarnya.