LSM Jejak OKU gelar kampanye hijau

id lsm, lsm jejak oku gelar kampanye hijau

LSM Jejak OKU gelar kampanye hijau

Kegiatan Jejak Indonesia melakukan kampanye hijau di Baturaja, Minggu (Foto Antarasumsel.com/13/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Lembaga Swadaya Masyarakat Jejak Indonesia Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan gelar kampanye hijau serta green rock music festival di Taman Kota Baturaja, Minggu.

Pendiri Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jejak Indonesia Ogan Komering Ulu (OKU), Hendra A Setyawan mengatakan bahwa acara yang bertema "Kampanye Jejak Indonesia" tersebut merupakan kegiatan dilakukan setiap tahun di wilayah itu dengan misi memperkenalkan aset kekayaan alam dimiliki daerah serta kearifan budaya lokal telah mendunia baik secara materi maupun kualitasnya.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Kapolres OKU AKBP Mulyadi SIk MH, Wakil Bupati Kuryana Aziz, Ketua DPRD Hj Tina Melinda dan beberapa kepala dinas di pemerintahaan itu serta ratusan peserta senam dan jalan sehat di wilayah tersebut.

Dikatakan Hendra, kegiatan yang dilakukan sejak pukul 06.00 WIB dimulai dengan senam pagi, jalan santai, kampanye Keselamatan Berlalulintas, kampanye hari AIDS se-dunia dan Narkoba, pameran batu akik, green rock music festival serta Penganugerahan Award Jejak Indonesia 2013.

Dia mengungkapkan, pemberian anugrah Award Jejak Indonesia 2013 tersebut, diberikan masing-masing kepada bidang penegak hukum, Kapolres OKU AKBP Mulyadi, bidang pelestarian hutan Ir Eddy Suratman, bidang pendidikan, Drs H Mahyudin Helmi, bidang pemerdayaan perempuan Ketua DPRD OKU Hj Tina Melinda.

Selanjutnya, bidang dunia usaha Venny Yowan, bidang seni budaya Erma Yanti, Inforkom H Ilhamuddin, bidang kepemudaan Yunizir Djakfar, bidang kebersihan Ir Helman dan bidang pemerintahaan diberikan kepada Camat Baturaja Timur Mirdaili.

"Penghargaan yang diberikan kepada 10 tokoh tersebut berupa piagam dan plakat bagi orang-orang telah berjasa dan memiliki sumbangsih karya nyata bagi pembangunan, kemajuan, kesejahteraan, dan kelestarian lingkungan hidup di OKU," ungkapnya.

Diharapkannya, dengan dilakukan kegiatan tersebut dapat memupuk sedini mungkin rasa kecintaan para pelajar dan pemuda OKU terhadap lingkungan alam tempat mereka hidup.

Direktur Eksekutif Jejak Indonesia, Anggi Yumarta menyatakan sangat menyayangkan beberapa perusahaan pertambangan seperti PT Semen Baturaja, Talisman serta perusahaan perkebunan Minanga Ogan dan Mitra Ogan tidak hadir dalam kegiatan tersebut.

"Di tengah kehadiran para Muspida OKU yang telah menunjukan kepedulian lingkungan, namun perusahaan tersebut tidak satupun perwakilan diutus datang," katanya.

Menurut dia, seharusnya perusahaan itu menunjukan rasa kepedulian terhadap lingkungan, karena industri yang dikelola sangat berandil dalam kerusakan lingkungan di OKU.(E Permana)