Bakrie Telecom capai kinerja positif selama 2013

id bakrie telecom, kinerja positif, raih laba, keuntungan, telepon seluler, tower

Bakrie Telecom capai kinerja positif selama 2013

Ilustrasi - Pemancar Telekomunikasi (Foto Antarasumsel.com/Awi)

...Sebagai gambaran per September 2013 perusahaan berhasil meraih laba usaha sebesar Rp101 miliar...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Direktur Utama PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) Jastiro Abi menyatakan berhasil mencapai kinerja ke arah positif selama tahun 2013 melalui pengetatan struktur biaya, program kampanye produk serta pengembangan kemitraan strategis.
       
"Sebagai gambaran per September 2013 perusahaan berhasil meraih laba usaha sebesar Rp101 miliar," kata Jastiro Abi di Jakarta, Sabtu.
       
Jastiro mengatakan capaian itu  merupakan prestasi setelah sebelumnya perusahaan mengalami rugi usaha sebesar Rp329,5 miliar.
       
Menurut dia, upaya perbaikan laba usaha dari negatif menjadi positif telah dilakukan sejak  1,5 tahun lalu, dan sebenarnya profit bisa lebih besar lagi kalau tidak mengalami rugi kurs.
       
"Kalau tidak mengalami rugi kurs  seharusnya net profit bisa lebih bagus lagi. Tahun 2012 meski rugi tetapi jumlahnya sudah jauh berkurang," kata Jastiro.
       
Ia mengungkapkan kinerja positif juga dapat dilihat pada EBITDA (Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation and Amortization) yang berada di posisi positif sebesar Rp770 miliar.
       
Bakrie Telecom, kata Jastiro, akan memokuskan diri pada penyelesaian internal, membereskan utang dari penerbitan obligasi serta membatasi belanja dolar AS. 
 
Jastiro mengatakan bekerjasama dengan konsultan keuangan melihat banyak peluang untuk mereprofile seluruh kewajiban, termasuk untuk menyelesaikannya.
       
PT Bakrie Telecom Tbk mencatat total utang Rp9,4 triliun hingga September 2013 lalu. Total utang itu berasal dari utang jangka pendek Rp4,3 triliun dan utang jangka panjang Rp4,9 triliun.
       
Ke depan, kata Jastiro, perusahaan akan tetap melakukan lima langkah strategis diantaranya peningkatan struktur finansial, pengetatan dan mengelola kewajiban.
       
Tahun 2013 perusahaan fokus di bisnis percakapan dan pesan singkat melalui program kartu perdana dan kampanye di Jabodetabek, Bandung dan Surabaya.
       
Sampai kuartal III 2013, pelanggan Bakrie Telecom mencapai 11,4 juta terdiri 700 pelanggan data dan 10,7 juta layanan suara dan SMS.
       
Kehadiran ponsel mitra dan kualitas produk Esia Max-D mampu menarik banyak pelanggan data, dan terkait hal itu telah dilakukan penguatan jaringan di daerah potensial.
       
Perusahaan saat ini memiliki 3.008 BTS terdiri dari 2.066 BTS di Jawa Barat, Jabodetabek dan Banten, sedangkan 942 berasal dari luar daerah.