Atlet Sumsel sumbang emas Special Olympics 2013

id atle sumsel, atlet difabel sumsel, Atlet Sumsel andalan Indonesia di Kompetisi Asia Pasifik, atlet porcanas sumsel, atlet cacat, Atlet Sumsel sumbang

"Atlet Sumsel berhasil memberikan lima medali emas, tiga perak, dan satu perunggu bagi kontingen Indonesia. Keberhasilan ini sangat disyukuri karena melebihi target," kata pelatih atlet difabel Sumsel Sarjana.
Palembang (ANTARA Sumsel) - Empat orang atlet Sumatera Selatan yang terpilih mewakili Indonesia berhasil menyumbang lima medali emas pada ajang Special Olympics Asia Pacific Games di Australia, 28-7 Des 2013.

"Atlet Sumsel berhasil memberikan lima medali emas, tiga perak, dan satu perunggu bagi kontingen Indonesia. Keberhasilan ini sangat disyukuri karena melebihi target," kata pelatih atlet difabel Sumsel Sarjana di Palembang, Minggu.

Ia menyebutkan, atlet yang menggondol medali itu, Dwi Prabawati dengan meraih tiga emas pada cabang olahraga bulu tangkis, kemudian Fadli Amirudin mempersembahkan dua emas pada lintasan atletik.

Selanjutnya, dua perak dan satu perunggu atas nama Ahmad Sanjaya dari bulu tangkis, dan Mahmudi meraih satu perak bersama tim sepak bola.

Sementara kontingen Indonesia sendiri yang diperkuat 68 orang atlet meraih 19 emas 30 perak dan 27 perunggu.

"Anak-anak mampu tampil maksimal pada ajang yang diikuti 32 negara itu, hal ini menjadi kebanggaan tersendiri karena turut andil dalam pengumpulan medali Indonesia," katanya.

Pelatih untuk atlet berkebutuhan khusus Sumsel ini juga mengatakan, keberhasilan para atletnya ini tidak lepas dari dukungan pemerintah daerah dan KONI provinsi.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan baik secara moril dan materil sehingga para atlet mampu mencapai hasil maksimal," jelas Sarjana.

Empat orang atlet Sumatera Selatan sejak awal menjadi andalan Indonesia pada kompetisi atlet berkebutuhan khusus (difabel) se-Asia Pasifik itu karena telah berprestasi pada ajang skala nasional dan internasional seperti Pekan Paralympic Nasional (Perpanas) dan Special Olimpic Indonesia (SOIna).

Fadli Amirudin sendiri tercatat sebagai peraih medali emas nomor 100 meter maupun 200 meter pada ajang ASEAN Paragames dua tahun lalu.

Sementara, prestasi alet Sumsel dengan keterbatasan fisik ini cukup membanggakan setelah masuk sepuluh besar pada ajang Perparnas XIV di Pekanbaru, Riau, 7-13 Oktober 2012, dengan merebut 12 medali emas, 13 perak, dan 20 medali perunggu.

Capaian atlet Perpanas pada pesta olahraga empat tahunan itu di luar prediksi, mengingat melebihi prestasi Sumsel pada PON yang hanya meraih sepuluh emas, 14 perak, dan 29 perunggu atau finis pada urutan ke-10.