Presiden SBY buka WTO di Bali

id presiden sby, presidem, buka pertemuan tingkat meneteri wto, wto

Presiden SBY buka WTO di Bali

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. ((FOTO ANTARA/11))

...Pertemuan yang dilaksanakan selama empat ahri 3 - 8 Desember 2013 dan dihadiri oleh 159 negara anggota WTO, diharapkan mampu mendorong kembali kesepakatan perdagangan multilateral...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka secara resmi Konferensi Tingkat Menteri ke - 9 Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO) di Bali, Selasa.
        
Pertemuan yang dilaksanakan selama empat ahri 3 - 8 Desember 2013 dan dihadiri oleh 159 negara anggota WTO, diharapkan mampu mendorong kembali kesepakatan perdagangan multilateral, setelah tersendatnya kesepakatan putaran Doha 12 tahun silam.
        
Presiden dalam sambutannya menyerukan agar para delegasi dari berbagai negara dapat untuk bekerja bersama menemukan jalan kesepakatan guna mendorong sistem perdagangan multilateral dapat berjalan dengan baik, adil dan juga inklusif.
        
"Saya sangat berharap kepada anda untuk membuat kemajuan yang signifikan dalam negosiasi anda di Bali," kata Presiden.
        
Presiden mengemukakan, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mendorong perdagangan multilateral guna mendukung perekonomian global yang kini masih berjuang dari resesi global.
        
Presiden menyakini, perdagangan multilateral dapat mendorong peningkatan kesejahteraan rakyat dan pengentasan kemiskinan di berbagai belahan dunia.
        
Sementara itu, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan yang merupakan Ketua Konferensi Tingkat Menteri WTO ke - 9 dalam sambutannya juga keberhasilan dalam pertemuan kali ini akan memberikan pesan yang kuat kepada dunia terhadap sistem perdagangan multilateral maupun WTO.
        
Hal yang sama dikemukakan Direktur Jenderal Roberto Azevedo dalam sambutannya. "Saya berharap di Bali, melihat cahaya pagi bagi WTO," katanya.