RAPBD PU Bina Marga Palembang Rp305 miliar

id rapbd palembang, pu bina marga palembang, rapbd pu bm palembang

Palembang (ANTARA Sumsel) - Proyeksi Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Dinas PU Bina Marga dan PSDA Palembang 2014 mencapai Rp305 miliar, atau jauh lebih besar dari tahun sebelumnya hanya Rp150 miliar.

"Proyeksi kebutuhan dana tersebut sedang dibahas di DPRD kota setempat untuk kemudian disahkan pada sidang paripurna yang akan datang," kata Kepala Dinas PU Bina Marga dan PSDA Palembang Darma Budhy, Jumat.

Menurut dia, meningkatnya alokasi dana untuk dinas tersebut terkait semakin banyaknya kegiatan proyek yang diprogram untuk kepentingan masyarakat.

Dimana untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pada 200 titik ruas jalan mencapai Rp150 miliar, selain itu program pembangunan pompa juga akan dilaksanakan.

Ia mengatakan, tahun depan pihaknya juga menganggarkan dana untuk pembebasan lahan, seperti proyek pembangunan Jembatan Musi IV dan lahan kolam retensi.

Khusus pembebasan lahan dialokasikan dana sebesar Rp60 miliar yang akan digunakan dalam mengganti tanah, tanam tumbuhan dan lainnya terkena proyek pembangunan.

Dia menjelaskan, normalisasi sungai atau drainase juga dialokasikan dana sekitar Rp30 miliar dengan target mampu mengantisipasi genangan air, termasuk pembuatan kolam retensi.

Selain tentunya, pembiayaan kesekretariatan dan gaji pegawai juga dialokasikan dalam RAPBD tahun 2014.

Budhy menambahkan, pihaknya menargetkan semua proyek ditangani bisa dilaksanakan lebih cepat agar masyarakat dapat menikmati fasilitas umum yang baik.

Dengan demikian, ditargetkan terjadi penurunan jumlah fasilitas umum, seperti jalan dan jembatan yang rusak tetapi dipastikan dalam kondisi bagus.

Sementara Wali Kota Palembang Romi Herton sebelumnya menargetkan APBD kota setempat tahun 2014 mencapai Rp3 triliun atau meningkat signifikan dari tahun 2013 hanya Rp2 triliun lebih.

Berbagai upaya meningkatkan pendapatan asli daerah menjadi salah satu untuk mempercepat target APBD tersebut, katanya.