Bappeda Palembang bebaskan lahan Musi IV

id jembatan, jembatan musi ii, jempatan ampera, bappeda, bappeda palembang, bebaskan lahan musi IV

Bappeda Palembang bebaskan lahan Musi IV

Ilustrasi - Jembatan Musi II Palembang (Foto antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Bappeda Kota Palembang mengalokasikan dana sebesar Rp10 miliar untuk pembebasan lahan pada lokasi pembangunan Jembatan Musi IV yang akan dilaksanakan pertengahan tahun 2014.

Selain itu, Pemprov Sumatera Selatan juga mengalokasikan dana dengan jumlah yang sama untuk pembebasan lahan proyek tersebut, kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Palembang Sapri Nungcik, Rabu.

Menurut dia, dana tersebut digunakan untuk dokumen pembebasan lahan termasuk analisa mengenai dampak lingkungan pembangunan Jembatan Musi IV.

Pembangunan jembatan yang berlokasi di Seberang Ulu kawasan 14 Ulu dan Seberang Ilir di area Sungai Jeruju itu dimulai pertengahan tahun depan.

Ia mengatakan, panjang jembatan yang akan dibangun tersebut sekitar 1,4 kilometer dengan dana pembangunan berkisar Rp300 miliar sampai Rp400 miliar.

Dana dialokasikan pemerintah pusat dengan masa kerja pembangunan proyek satu tahun, atau pada 2015 Palembang telah memiliki sarana penyeberangan baru selain jembatan Ampera dan Musi II.

Dia menjelaskan, pembangunan Jembatan Musi IV tersebut menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan arus lalulintas kendaraan di Kota Palembang.

Selanjutnya, tahun 2015 juga akan dibangun Jembatan Musi V dengan dana berasal dari APBD Pemprov Sumatera Selatan, katanya tanpa menyebutkan besaran dana dimaksud.