BKSDA Sumsel imbau masyarakat aktif lestarikan hutan

id bksda, bksda sumsel imbau masyarakat lestarikan hutan

BKSDA Sumsel imbau masyarakat aktif lestarikan hutan

Komandan Satuan Polhut Reaksi Cepat (SPORC) Siamang BKSDA Sumsel Zaenal B Irwanda (Foto Antarasumsel.com/13/Nila Fuadi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Selatan mengimbau masyarakat berperan aktif dalam menjaga kelestarian hutan agar manfaatnya tetap bisa dinikmati sampai masa mendatang.

"Kami minta masyarakat berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian hutan termasuk menjaga hewan dan tumbuhan tetap berkembang," kata Komandan Satuan Polisi Hutan Reaksi Cepat Balai Konservasi Sumber Daya Alam (SPORC-BKSDA) Sumsel Zaenal Bambang Irwanda, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, selama ini kerap kali ditemukan kasus konflik manusia dengan satwa, seperti harimau dan beruang. Penyebab terjadinya masalah tersebut karena habitat hewan itu telah dirusak manusia.

Karena itu, melibatkan masyarakat dalam menjaga kelestarian hutan beserta isinya menjadi solusi mempertahankan habitat hewan dan tumbuhan dalam hutan.

Ia mengatakan, kalau pelestarian hutan hanya dibebankan kepada pemerintah tentunya tidak akan berjalan optimal.

Partisipasi aktif dari masyarakat dalam menjaga kelestarian hutan menjadi bagian terpenting.

Dia menjelaskan, hasil pantauan tim BKSDA hampir sebagian besar hutan telah dirambah, sehingga satwa dan tumbuhan dilindungi yang tumbuh dan berkembang terancam punah.

Hal itu, tentunya sangat tragis karena kerusakan hutan menyebabkan satwa langka semakin mendekati kepunahan dan tumbuhan juga berangsur hilang.

Padahal, kunci keberhasilan melestarikan hutan tetaplah pada masyarakat, karena pemerintah hanya sebatas menjadi stimulan atau pendorong dan penegak hukum, katanya.