Caleg PAN Palembang rapat konsolidasi hadapi Pemilu

id pemilu, caleg, konsolidasi, pan, rapat, hadapi pemilu, persiapan

Caleg PAN Palembang rapat konsolidasi hadapi Pemilu

DPD PAN Palembang gelar rapat konsolidasi dengan para caleg menghadapi Pemilu 9 April 2014. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/13)

...Pemilu tinggal sekitar lima bulan lagi, waktu tersebut perlu dimanfaatkan sebaik mungkin oleh caleg dengan lebih gencar lagi melakukan sosialisasi kepada masyarakat di daerah pemilihan masing-masing...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 50 calon anggota legislatif dari Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional Kota Palembang, Sumatera Selatan, melakukan rapat konsolidasi dan pemantapan strategi pemenangan menghadapi Pemilu Legislatif pada 9 April 2014.

"Pemilu tinggal sekitar lima bulan lagi, waktu tersebut perlu dimanfaatkan sebaik mungkin oleh caleg dengan lebih gencar lagi melakukan sosialisasi kepada masyarakat di daerah pemilihan masing-masing," kata Ketua DPD PAN kota setempat RHM Zaini pada acara rapat konsolidasi calon anggota legislatif (caleg) di Palembang, Kamis malam.

Dijelaskannya, sosialisasi yang dilakukan para caleg dengan cara mengunjungi rumah tokoh agama, masyarakat, dan pemuda di daerah pemilihan (dapil) masing-masing selama ini seperti melakukan berbagai kegiatan sosial, serta memberikan bantuan kepada masyarakat miskin dan anak yatim perlu semakin digencarkan lagi.

Kegiatan sosialisasi itu merupakan salah satu strategi yang cukup efektif untuk meraih simpati masyarakat sebanyak-banyaknya agar bisa memenangi Pemilihan Umum (Pemilu) nanti.

"Sosialisasi caleg diutamakan dengan melakukan kunjungan dan dialog bersama warga di dapil masing-masing, dan diminimalkan menggunakan alat peraga seperti baliho dan spanduk yang sekarang ini aturannya semakin ketat," ujarnya.

Dijelaskanya, sejak ditetapkannya bakal caleg masuk dalam daftar calon tetap (DCT) peserta Pemilu oleh KPU Kota Palembang pada 22 Agustus 2013, sebanyak 50 caleg PAN diinstruksikan mulai mempersiapkan strategi pemenangan dan gencar mensosilisasikan diri di dapil masing-masing.

Sesuai dengan sebaran caleg di enam dapil, ada 10 caleg PAN yang siap bertarung dengan caleg 11 partai politik lainnya di dapil satu (1) Palembang dengan keterwakilan perempuan mencapai 30 persen atau sesuai ketentuan KPU.

Kemudian pada dapil dua (2) terdapat delapan caleg dengan keterwakilan perempuan 37,5 persen, dapil tiga (3) terdapat enam orang dengan keterwakilan perempuan 33,3 persen, dapil empat (4) delapan orang dengan keterwakilan perempuan 37,5 persen, dapil lima (5) terdapat 10 orang dengan keterwakilan perempuan 30 persen, serta dapil 6 terdapat delapan caleg dengan keterwakilan perempuan mencapai 37,5 persen, katanya.

Menurutnya, melihat peta distribusi caleg PAN di enam dapil Kota Palembang itu, pihaknya optimistis dapat bersaing ketat menghadapi 549 pesaing dari 11 partai poltik peserta Pemilu 2014 memperebutkan 50 kursi anggota DPRD kota yang dikenal dengan ikon Jembatan Ampera itu.

Dalam Pemilu 2009 pihaknya hanya meloloskan dua orang duduk di DPRD Palembang, dengan kondisi caleg yang dimiliki sekarang ini target perolehan kursi dewan minimal 10 orang pada Pemilu 9 April 2014 berpeluang besar bisa dicapai, kata Zaini.

Anggota KPU Kota Palembang Yudha Mahrom ketika menjadi nara sumber tamu pada rapat konsolidasi caleg PAN itu mengatakan, berdasarkan hasil rapat pleno pada 22 Agustus 2013 ditetapkan jumlah caleg peserta Pemilu 2014 kota setempat yang memenuhi persyaratan sesuai ketentuan Undang Undang Pemilu dan parpol serta lolos uji publik sebanyak 599 orang.

Jumlah caleg yang ditetapkan dalam DCT itu sesuai usulan dari 12 partai politik peserta Pemilu yang akan memperebutkan 50 kursi anggota DPRD Kota Palembang periode 2014-2019.

Berdasarkan DCT tersebut, masing-msing partai politik mengusulkan caleg sebanyak enam hingga 10 orang setiap daerah pemilihan yang pada Pemilu 2014 wilayah Kota Palembang dibagi menjadi enam dapil.

Para caleg diharapkan dalam melakukan sosialisasi atau kampanye untuk agar dikenal masyarakat calon pemilih diharapkan dapat mematuhi zona kampanye yang telah ditetapkan oleh KPU dan meraih kemenangan dengan cara terhormat, kata Yudha.