Satu jamaah haji OKU dirawat di RSUD Palembang

id haji, jamaah haji oku

Satu jamaah haji OKU dirawat di RSUD Palembang

Suasana penjemputan jamaah haji OKU yang sakit di Bandara SMB II Palembang, Rabu (13/11) (Foto Antarasumsel.com/13/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 159 orang jamaah haji asal Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Kamis sekitar pukul 08.00 WIB tiba di Baturaja sesuai jadwal kepulangan, namun seorang diantaranya terpaksa dirawat di RSUD Palembang karena sakit.

"Yang ikut rombongan hanya 159 orang dari 175 jamaah, 15 orang lainnya langsung dijemput oleh keluarganya masing-masing di Palembang," kata Kepala Kantor Kementrian Agama Ogan Komering Ulu (Kankemenag OKU) H Daramai usai acara penyambutan kedatangan haji OKU di Islamic Center Baturaja, Kamis.

Kemudian, kata Darami, satu orang jamaah lainnya juga harus menunda kepulangan ke Baturaja karena menjalani perawatan intensif di RSUD Palembang.

Dikatakannya, jamaaah yang dirawat atas nama H Sayuti (65) warga RS Sriwijaya Kecamatan Baturaja Timur OKU menderita penyakit dehidrasi low intake atau hilang nafsu makan.

"Semua biaya H Sayuti selama dirawat di  rumah sakit masih ditanggung oleh negara," ungkapnya.

Selain itu, ada beberapa jamaah asal OKU selama menjalani ibadah haji di Tanah Suci mengalami berbagai penyakit antara lain, 82 orang Hipertensi, 18 jamaah mengidap penyakit Diabetes dan penyakit lainnya seperti Ispa dan Asam Lambung (maag) yang penyebabnya mungkin karena faktor usia sudah lanjut.

Dia mengungkapkan, 175 jamaah haji asal OKU termasuk dalam kelompok terbang (kloter) 13 itu tiba di bandara Sultan Mahmmud Badarudin II Palembang dari Jedah Rabu (13/11) sekitar pukul 18.00 WIB.

"Para jamaah bertolak dari Palembang Kamis (14/11) pukul 02.00 WIB dan Tiba di Baturaja Sekitar pukul 08.00 WIB.

Turut hadir dalam acara penyambutan tersebut, Wakil Bupati OKU, Kasdim 0403, Wakapolres, Ketua Pengadilan Agama, Assisten II, Ketua MUI, para Kepala Dinas dan tokoh agama OKU lainnya. (E Permana)