Mensos luncurkan website pahlawan

id website, pahlawan, luncurkan, mensos

Mensos luncurkan website pahlawan

Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri (FOTO ANTARA)

...Website ini berisi mengenai data pahlawan nasional mulai dari riwayat singkat perjuangan sampai dengan dimakamkan...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri meluncurkan website tentang pahlawan dengan nama www.pahlawancenter.com, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 2013 .
         
"Website ini berisi mengenai data pahlawan nasional mulai dari riwayat singkat perjuangan sampai dengan dimakamkan," kata Sekjen Kemensos Toto Utomo Budi Santosa di Jakarta, Minggu.
         
Peluncuran dilakukan di gedung konvensi Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata usai upacara peringatan Hari Pahlawan yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
        
Menurut dia, data-data mengenai pahlawan nasional sudah tersusun rapi terutama di TMPN Kalibata. Namun untuk pertama kalinya dibuat secara online (dalam jaringan) sehingga mudah diakses.
         
"Aksesnya terbuka untuk umum dan akan diperbarui terus," tambah dia.
         
Sebelumnya ada usulan dari keluarga pahlawan agar dalam website tersebut juga terdata silsilah pahlawan hingga sampai ahli warisnya sehingga bisa memudahkan para ahli waris untuk berkumpul.
         
Pahlawan center merupakan salah satu wadah penanaman dan pelestarian nilai kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial yang berbasis teknologi informasi.
         
Melalui pahlawan center, khusus di TMPN utama Kalibata selain pahlawan nasional juga penerima gelar lain yang dimakamkan di Kalibata dapat dicari datanya dengan cepat.
         
Sampai saat ini sebanyak 38.578 data yang sudah tersedia di pahlawan center dan direncanakan seluruh data dari TMP di seluruh Indonesia juga akan dimasukkan ke website sehingga memudahkan masyarakat mengakses data.