Inovasi Telkomsel lancarkan komunikasi haji di tanah suci

id telkomsel, inovasi telkomsel, ibadah haji, kemudahan berkomunikasi haji

Inovasi Telkomsel lancarkan komunikasi haji di tanah suci

Salah seorang jemaah haji yang masuk dalam kloter pertama mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang langsung menghubungi keluarganya dengan menggunakan telepon seluler, Selasa (29/10). (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/I016)

....Para jemaah haji juga banyak yang menggunakan operator selular tersebut selama di Tanah Suci, karena vouchernya mudah diperoleh....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Menunaikan ibadah haji merupakan dambaan bagi seluruh umat muslim di seluruh belahan dunia termasuk juga di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam.
 
Keinginan untuk melaksanakan ibadah haji yang merupakan rukun Islam kelima itu tentunya tidak terbatas kepada niat saja, melainkan ibadah dan tawakal kepada Allah SWT.

Perjalanan ibadah haji ke Tanah Suci ini seolah tidak pernah terbendung sekalipun ada pembatasan kuota haji dari pemerintah.

Pada musim haji 1434 H/2013 M, jumlah jamaah haji Indonesia yang berangkat tercatat sebanyak 168.800 dengan rincian 155.200 orang untuk haji reguler dan haji khusus 13.600 orang.

Jumlah itu setelah dilakukan pemotongan kuota sebesar 20 persen dari kebijakan Saudi Arabia akibat dampak perluasan kompleks Masjidil Haram.

Jumlah yang dipotong sebanyak 42.200 dengan penghitungan berdasarkan basis kuota 211.000 orang. Jumlah potongan itu terdiri atas 38.800 haji reguler, dan 3.400 haji khusus.

Umat muslim yang mampu tentunya ingin melaksanakan ibadah haji itu secepat mungkin baik melalui jasa layanan haji khusus maupun reguler.

Namun, demikian para calon jamaah haji juga berharap bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji di Tanah Suci itu dengan khusyuk dan nyaman sehingga bisa menjadi haji mabrur.

Untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji itu dengan khusyuk perlu persiapan fisik dan spiritual menjadi hal utama agar bisa melaksanakan ibadah tersebut sampai selesai rangkaiannya.

Selain itu, persiapan komunikasi juga perlu diperhatikan untuk tetap menjaga silaturahim dengan cara berkomunikasi aktif dengan keluarga dan kerabat di Indonesia atau sesama rombongan jamaah haji agar komunikasi atau informasi bisa berjalan dengan baik.

Salah satu cara yang dilakukan para calon jemaah haji pada umumnya adalah memanfaatkan operator terbaik dan menyediakan layanan komunikasi yang sangat lancar di Tanah Suci sehingga hubungan komunikasi dengan keluarga di Tanah Air tanpa hambatan.

Hal inilah yang diinginkan pelanggan menggunakan layanan mempuni dan tidak harus menggunakan kartu luar sebab di Indonesia telah memiliki  operator berkelas dunia yakni Telkomsel dan tentunya memberikan kepuasan bagi calon jamaah haji dan jamaah haji.
 
Perusahaan operator seluler ini memberikan kemudahan bagi pelanggan setianya di Tanah Suci dalam memberikan layanan komunikasi terbaik untuk menelepon, berinternet, pesan singkat (short mesagge send/SMS) maupun layanan secara langsung bagi pelanggannya di Tanah Suci dengan menghadirkan posko.

Hal ini menunjukkan sebagai wujud komitmen dan kepedulian Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi milik Indonesia kepada seluruh pelanggan setianya yangmsedang melaksanakan rukun Islam kelima tersebut.

Para pelanggan yang sedang menjalankan ibadah haji di Tanah Suci sangat membutuhkan layanan komunikasi lancar dan mudah baik sesama calon jamaah haji maupun ke keluarga di Tanah Air sehingga bisa melaksanakan ibadah dengan khusyuk.

Sehubungan dengan hal itu Telkomsel sebagai operator selular satu-satunya di Indonesia yang melakukan inovasi untuk membantu para calon jamaah haji dan jamaah haji itu agar bisa berkomunikasi dengan mudah, lancar dengan tarif murah.

Telkomsel juga memberikan kemudahan agar tetap dipercaya bagi calon jamaah haji dan haji yang berada di Arab Saudi, Madinah dan Mekkah sebagai operator terkemuka di Indonesia dalam memberikan layanan terbaiknya untuk berkomunikasi.

Semua yang dilakukan itu, karena perusahaan operator selular nomor enam terbesar di dunia dengan jumlah pelanggan mencapai 125 juta ini terus memberikan inovasinya dalam memberikan layanan kepada pelanggan yang sedang melaksanakan ibadah haji.

Kebutuhan akan komunikasi para calon jamaah haji dan jamaah haji ini dilihat oleh Telkomsel dengan menghadirkan berbagai inovasi yakni bekerja sama dengan seluruh operator di Arab Saudi.

"Kerja sama itu dilakukan sebagai wujud komitmen dan kepedulian Telkomsel bagi seluruh pelanggan setia yang sedang menunaikan ibadah haji," kata Corporate Communication Regional Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Agus Winarto.

Telkomsel bekerja sama dengan seluruh operator di Arab Saudi guna memberikan layanan komunikasi yang lebih mudah, murah dan berkualitas bagi pelanggannya sehingga tidak perlu khawatir akan tarif mahal.

Telkomsel bekerja sama dengan seluruh operator di Arab Saudi memberikan akses komunikasi yang lebih mudah bagi para pelanggannya.Seluruh kartu dipastikan menu layanan internasional "roaming" sudah aktif sebelum berangkat ke Arab Saudi.

Bagi pengguna simpati dan kartu As bisa dengan SMS ketik IR kirim ke 6616 atau menghubungi call center. Sedangkan pelanggan kartuHalo bisa mengunjungi GraPari atau menghubungi call center 133.

                           Tarif Murah
Telkomsel juga memberikan tarif termurah bagi jamaah haji di Tanah Suci atau berlaku sama di semua operator di Arab Saudi, sementara program ini tidak dilakukan oleh operator lain.

Untuk menikmati spesial tarif Telkomsel selama berada di Tanah Suci setiap pelanggan baik yang berada di Arab Saudi, Jeddah maupun Madinah, tidak perlu ganti kartu dan setting handphone, tetapi bisa langsung menghubungi keluarga di Indonesia dengan memastikan lebih dahulu bahwa menu layanan internasional roaming-nya telah aktif sebelum berangkat ke Arab Saudi, katanya.

Ia mengatakan, cara aktivasi layanan internasional roaming yakni bagi pelanggan kartuHalo bisa mengunjungi GraPARI atau menghubungi call center 133, sedangkan bagi pengguna simPati dan kartu As layanan internasional roaming-nya sudah aktif secara otomatis.

"Jadi, ada baiknya sebelum melaksanakan ibadah haji, pelanggan melakukan isi ulang pulsa terlebih dahulu sesuai kebutuhan di Arab Saudi, atau keluarga di Indonesia yang akan mengisikan pulsanya," tuturnya.

Ia menjelaskan, tarif berlaku sama di semua operator Arab Saudi dan juga terjangkau seperti untuk melakukan panggilan telepon ke Indonesia dan panggilan ke nomor lokal Arab Saudi, pelanggan hanya dikenakan Rp4.000 per menit.

Sedangkan menerima panggilan telepon dari manapun hanya Rp2.000 per menit. Sementara untuk berkirim sms ke negara manapun, pelanggan cukup membayar Rp500 per SMS serta gratis menerima SMS dari semua operator.

Selain itu, pelanggan yang berada di Arab Saudi tetap bisa melakukan isi ulang pulsa. Jika pelanggan ingin isi ulang pulsa menggunakan voucher fisik, caranya ketik *133*kode voucher#.

Kebutuhan pelanggan terhadap layanan data selama di Tanah Suci juga menjadi prioritas dimana di sela kekhusyukan beribadah pelanggan tetap bisa mengakses layanan internet dan data.

Seluruh pelanggan yang menggunakan smart phone-android maupun blackberry dapat menikmati paket data hemat selama di Tanah Suci.
 
Adapun paket unlimited data roaming yang disediakan oleh Telkomsel dan berlaku untuk semua jenis handphone diantaranya paket hemat Rp200.000 untuk 10 hari, kemudian Rp350.000 selama 20 hari dan Rp450.000 selama 30 hari dan Rp500.000 untuk 40 hari, jelasnya.

Dalam melaksanakan ibadah haji, hal utama yang dibutuhkan adalah persiapan fisik dan spiritual agar bisa melaksanakan rangkaian ibadah haji hingga selesai.

Akan tetapi, persiapan komunikasi juga merupakan fokus yang perlu diperhatikan supaya silaturahim dengan keluarga, kerabat dan relasi di Tanah Air tetap berjalan dengan lancar.

"Sehubungan dengan hal itulah pada 2013 ini kami bekerja sama dengan seluruh operator di Arab Saudi dan menghadirkan beragam paket hemat layanan komunikasi dan data disertai oleh jaringan yang berkualitas guna mendukung  inovasi Telkomsel tersebut," ujarnya.

                                          Posko Layanan Haji
Untuk memudahkan pelanggan setia yang sedang berada di Arab Saudi selama musim haji Telkomsel juga menghadirkan posko layanan haji yang hanya dilakukan satu-satunya oleh operator selular terbesar di Indonesia ini.

"Kami menghadirkan posko di Kota Mekkah (sekitar kawasan misfalah) mulai 15 September 2013 sampai 19 Oktober 2013 dan di Kota Madinah (Royal Andalus Hotel) mulai 8 September sampai dengan 19 September 2013 dengan bentuk layanan meliputi complain handling, ganti kartu, setting handphone, isi ulang pulsa dan lain sebagainya," tuturnya.

Ia menyatakan, Telkomsel menempatkan petugasnya langsung di Arab Saudi dan siap memberikan layanan informasi yang diperlukan pelanggan selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Petugas Telkomsel juga selalu siap siaga di Arab Saudi guna memberikan kemudahan bagi pelanggan selama menjalankan ibadah haji.

Jadi, di Tanah Suci itu ada warung simpati yang berada di dekat Baladiyah Misfalah dan seberang rumah jamaah haji 701, tutur pria yang selalu murah senyum tersebut.

Inovasi Telkomsel itu dilakukan guna memberikan layanan komunikasi yang lebih mudah, murah dan berkualitas bagi pelanggannya.

Aplikasi Telkomsel ibadah juga dapat di unduh pelanggan melalui google play, blackberry app world dan app store, sebab aplikasi tersebut hanya dapat diunduh secara gratis oleh pelanggan Telkomsel yang menggunakan perangkat android, iphone dan blackberry.

Aplikasi ini juga memungkinkan para jamaah haji untuk bersosialisasi dengan memanfaatkan layanan chatting dan mencari teman antar sesama jamaah. Untuk itu tentu  saja melakukan registrasi melalui aplikasi terlebih dahulu, paparnya.

Adapun layanan yang diberikan aplikasi telkomsel ibadah itu seperti panduan haji yang berisikan penjelasan singkat mengenai haji, panduan praktis dalam menjalankan ibadah haji dan doa-doa umum baik selama menjalankan ibadah haji maupun saat berziarah.

Selain itu disajikan pula informasi mengenai tempat-tempat ziarah di Tanah Suci, wisata belanja dan kuliner, jadwal shalat dan informasi cuaca di Tanah Suci, informasi tempat-tempat penting seperti hotel, rumah sakit dan kantor perwakilan RI, informasi kurs, berbagai tips serta daftar singkat percakapan praktis bahasa
Arab.

News, aplikasi Telkomsel ibadah juga menyediakan berita-berita terkini menyangkut haji yang bersumber dari portal berita haji, katanya.

Agar bisa menikmati aplikasi Telkomsel ibadah itu maka pelanggan yang berada di Indonesia harus terlebih dahulu mengaktifasi paket datanya.

Sedangkan untuk menikmati tarif dan ragam paket hemat layanan komunikasi haji lainnya pelanggan dapat menghubungi *123# secara gratis.

Dengan menghubungi *123# ini pelanggan bisa memilih apa saja layanan yang diinginkan, karena di sana ada berbagai layanan yakni promo haji, siaga berbagi, aplikasi Telkomsel ibadah, tausiyah, info Islami, NSP religi, syari seru dan tcash.

Bila pelanggan memilih promo haji maka di sana ada layanan tarif promo, paket data dan blackberry roaming, call center, posko haji, isi ulang dan lainnya dengan begitu bisa memudahkan pelanggan di Tanah Suci.

                                     Call Center 24 Jam
Kemudian inovasi lainnya yang disediakan oleh operator selular terbesar di Indonesia itu untuk pelanggan setia berada di Arab Saudi yakni layanan call center 24 jam.

Pelanggan yang berada di Arab Saudi dapat menghubungi call center 24 jam ke nomor +628110000333 sehingga konsumen tidak perlu khawatir akan tarif mahal, katanya.

Untuk informasi lengkapnya para pelanggan dapat mengaksesnya melalui website www.telkomsel.com/haji.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa perusahaan yang melayani seluruh lapisan masyarakat dengan layanan berkualitas didukung dengan jaringan terluas didukung BTS 3G ini selalu memberikan inovasi dan kemudahan-kemudahan bagi pelanggan setianya di Tanah Suci yang tidak dilakukan oleh operator lainnya.

Selain bekerja sama dengan seluruh operator Arab Saudi Telkomsel juga memberikan tarif termurah, menghadirkan posko layanan haji dan call center 24 jam di Tanah Suci yang tidak dilakukan oleh operator lainnya di Indonesia untuk membantu para jamaah haji dalam berkomunikasi sehingga bisa melaksanakan ibadah haji dengan khusyuk dan nyaman.

Dengan berbagai inovasi yang dilakukan Telkomsel ini tentunya sangat membantu para jamaah haji yang sedang menjalankan rukun Islam kelima tersebut sehingga menjadi pilihan jamaah haji dalam berkomunikasi dengan lancar menggunakan operator selular paling Indonesia tersebut.

Telkomsel akan selalu memberikan kemudahan-kemudahan kepada pelanggan setianya dalam berkomunikasi sehingga lancar dan tentunya dengan tarif murah, papar Agus Winarto.

Sementara salah seorang pelanggan Telkomsel asal Palembang Huzaimah yang dihubungi, menyatakan, selama di Tanah Suci dirinya menggunakan operator selular tersebut.

Ia mengaku, untuk membeli voucher di Tanah Suci sangat mudah, karena ada petugas Telkomsel yang datang langsung ke tempat jamaah menawarkan voucher simpati.

Para jemaah haji juga banyak yang menggunakan operator selular tersebut selama di Tanah Suci, karena vouchernya mudah diperoleh, ujar Huzaimah yang juga petugas haji tahun 2013 itu.

Ia menuturkan, kalau dirinya selama di Tanah Suci menggunakan kartu simpati dan tarifnya juga hemat dan mudah diperoleh.

"Sebelum berangkat saya sudah mengaktifkan dahulu layanan untuk kartu simpati tersebut sehingga tarifnya murah," katanya.

Komunikasi sesama rekan kerja, para jamaah haji dan keluarga di Tanah Air juga terjalin dengan baik dan tanpa hambatan dengan menggunakan operator tersebut, tuturnya.

Hal yang sama juga diungkapkan pelanggan setia Telkomsel lainnya, Nurul Chotimah, layanan komunikasi Telkomsel selama dirinya berada di Arab Saudi cukup baik.

Menurut dia, selama ia berada di Arab Saudi, Mekkah dan Madinah, tidak perlu ganti kartu dan setting handphone sehingga mereka bisa berkomunikasi dengan baik ketika menghubungi keluarga dan kerabat di Indonesia maupun sebaliknya.

Sinyalnya cukup baik dan selama berada di Arab Saudi dirinya dapat berkomunikasi dengan lancar, karena menggunakan operator paling terkemuka di Indonesia itu yakni Telkomsel, ujarnya dengan semangat menuturkan pengalamannya ketika di Tanah Suci tersebut.

"Jaringan Telkomsel bagus dan saya sangat tertolong sekali ketika berada di Tanah Suci. Untung saya menggunakan operator selular terbesar di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi pelanggannya," paparnya.

Ia menyatakan, selama berada di Arab Saudi, keluarga di Tanah Air juga bisa berkomunikasi dengan dirinya dengan mudah, seperti layaknya ketika berada di Indonesia.

Karena itu, dirinya merasa puas dengan kemudahan layanan yang diberikan operator selular nomor enam terbesar di dunia tersebut.

Semoga ke depan akan ada inovasi-inovasi baru lagi yang diberikan operator selular berkelas dunia itu buat pelanggan untuk memudahkan komunikasi, tambahnya.

Berbagai inovasi yang diberikan oleh Telkomsel itu dapat berdampak positif memberikan kenyamanan para calon jamaah haji dan jemaah haji dalam berkomunikasi dan berinteraksi selama berada di Tanah Suci.