Dinsos Sumsel evaluasi program keluarga harapan

id dinas sosial, evaluasi keluarga harapan, pkh

Dinsos Sumsel evaluasi program keluarga harapan

Kadis Sosial Sumsel Apriadi (Foto Antarasumsel.com/12/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Sosial Sumatera Selatan mengevaluasi Program Keluarga Harapan (PKH) di enam kabupaten dan kota yang mendapatkan alokasi dana melaksanakan program tersebut pada tahun anggaran 2013.

Enam daerah yang dievaluasi tersebut yakni Kabupaten Musirawas, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, Empat Lawang, Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, dan Kota Prabumulih, kata Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Sumatera Selatan M.S. Sumarwan di Palembang, Jumat.

Untuk melakukan evaluasi itu, Tim Dinas Sosial yang dipimpin Kepala Dinas Sosial Sumsel Apriadi beberapa hari ini melakukan kunjungan ke enam daerah tersebut, katanya.

Berdasarkan data awal hasil kunjungan ke sejumlah daerah yang melaksanakan PKH, kata dia, program yang dicanangkan oleh Kementerian Sosial sejak 2011 itu telah berjalan sesuai dengan harapan dan tujuannya.

Tujuan PKH di antaranya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan dan kesehatan, meningkatkan kondisi sosial ekonomi rumah tangga sangat miskin (RTSM), meningkatkan taraf pendidikan anak-anak RTSM, meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil, ibu nifas, dan anak di bawah enam tahun dari RTSM.

Untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan program tersebut pada tahun-tahun mendatang, pihaknya terus berupaya mendorong pemerintah daerah penerima PKH menyiapkan tenaga pendampingan masyarakat, katanya.  

Dijelaskannya penerima PKH pada 2013 sebanyak 35.422 RTSM dengan perincian Kabupaten Musirawas terdapat 10.677 RTSM yang tersebar di 19 kecamatan, Musi Banyuasin 11.789 RTSM di 14 kecamatan, Ogan Ilir 4.791 RTSM di 12 kecamatan.

Kemudian, Kabupaten Empat Lawang 3.585 RTSM di enam kecamatan, Kota Prabumulih 2.274 RTSM di lima kecamatan dan selebihnya di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

Sebelumnya, program tersebut telah berjalan dengan cukup baik di Kota Palembang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Banyuasin, dan Kabupaten Lahat, kata Sumarwan.

Sementara itu, Kabag Humas Setda Kabupaten Musi Banyuasin Dicky Meiriando mengatakan, sebagai salah satu daerah penerima PKH, sangat mendukung program yang digagas oleh Kementerian Sosial dan telah diterapkan di sejumlah daerah di Sumatera Selatan sejak Agustus 2011 itu.  

"Kepercayaan Kementerian Sosial menunjuk Kabupaten Musi Banyuasin menjadi salah satu daerah pengembangan PKH pada tahun 2013 akan dipelihara dengan baik dan program tersebut akan dilaksanakan secara maksimal sesuai dengan tujuan yang akan dicapai," ujar Dicky.